//

PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWADALAM MATA PELAJARAN IPS PADA SMP NEGERI 17 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang JULI DAMAYANTI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Damayanti, Juli. 2016. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS Pada SMP Negeri 17 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Musfiana, MM (2) Zulfadhli, S.Pd., M.Pd., M.Si Kata kunci : Gaya belajar (Visual,Auditorial,Kinestetik),Prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Gaya belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Banda Aceh, dan (2) Pengaruh Gaya belajar siswa SMP Negeri 17 Banda Aceh terhadap Prestasi belajar pada mata pelajaran IPS. Metode penelitian menggunakan cara pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menggambarkan secara nyata pada dasarnya penelitian dan menginterprestasikan objek sesuai dengan apa adanya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Banda Aceh yaitu sebanyak 245 siswa, dengan sampel penelitian yaitu sebanyak 71 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penelitian pustaka, penelitian dokumentasi, dan penelitian lapangan. Untuk pengolahan data digunakan analisis regresi sederhana dan uji determinasi.Tekni k pengolahan data dengan menggunakan rumus koefisien regresi. Nilai rata-rata gaya belajar yang diperoleh antara lain gaya belajar visual yaitu 39.05, rata -rata gaya belajar audio yaitu 41.46,dan gaya belajar kinestetik yaitu 36.52. Dan jumlah rata -rata keseluruhan gaya belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Banda Aceh yaitu 1.64 berada kategori kurang baik. Sedangkan rata-rata Prestasi belajar siswa yang diperoleh dari ujian semester genap pada mata pelajaran IPS adalah 86,12 dapat dikategorikan termasuk dalam kategori sangat baik. Pengaruh gaya belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Banda Aceh sebesar 9% atau dapat dikategorikan sangat rendah pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa dapat dibuktikan dengan pengujian hipotesis. Hasil analisis dan pengolahan data menunjukan ada pengaruh signifikaan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa Kelas VIII Pada SMP Negeri 17 Banda Aceh, ditunjukan dari persamaan regresi sederhana Y=1,40+ 0,26X dan nilai r sebesar 0,30, hal ini penelitian berhasil dimana t hitung sebesar 1,87 > t tabel (60) yaitu 1,67 Dengan demikian, yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII Pada SMP Negeri 17 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MEDIA ELEKTRONIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VI RNDI SD NEGERI 5 BANDA ACEH (YANA SAFNITA SARI, 2014)

KORELASI ANTARA MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS PADA KELAS IV DI SD NEGERI 12 BANDA ACEH (cut nurul fakhinah, 2013)

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS AKSELERASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FISIKA DI SMAN 3 BANDA ACEH (MILI ANDRIYANI, 2015)

HUBUNGAN GAYA BELAJAR VISUAL BERBASIS VIDEO DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (SITI HAWA, 2015)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BUKIT DAN SMA NEGERI 2 BUKIT BENER MERIAH (supianiko, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy