//

PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS OLEH GURU DI SMPN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mauliana Wayudi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kegiatan pembelajaran IPS diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologi siswa. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam kurikulum 2013, siswa diajak berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Namun masalah yang penulis temukan selama melakukan praktik mengajar di salah satu SMPN Banda Aceh adalah kurangnya pemanfaatan sumber belajar yang ada di sekitar oleh guru dalam pembelajaran IPS. Berdasarkan hal tersebut peneliti melakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui (1) sumber belajar yang dimanfaatkan oleh guru di SMPN Banda Aceh (2) kendala yang dialami oleh guru dalam pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran IPS (3) upaya guru untuk mencari solusi dalam pemanfaatan sumber belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru IPS SMPN Banda Aceh yang terdiri dari 10 orang guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data berupa deskriptif hingga menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 8 dari 10 guru IPS yang menjadi responden dalam penelitian ini telah memanfaatkan sumber belajar IPS yang beragam serta diikuti dengan pemanfaatan media belajar IPS namun terdapat 2 dari 10 responden yang belum pernah memanfaatkan lingkungan luar sekolah sebagai salah satu sumber belajar IPS seperti museum, perkantoran ataupun tempat wisata, kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan sumber belajar lingkungan luar sekolah berupa biaya, jarak dan waktu serta keterbatasan fasilitas sekolah, upaya yang dilakukan guru kebanyakan menugaskan siswa untuk mencari informasi melalui internet sebagai tugas rumah. Kata Kunci: Pemanfaatan Sumber Belajar

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PELAJARAN IPS KELAS V DI SD NEGERI GUE GAJAH ACEH BESAR PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PELAJARAN IPS KELAS V DI SD NEGERI GUE GAJAH ACEH BESAR PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PELAJARAN IPS KELAS V DI SD NEGERI GUE GAJAH ACEH BESAR PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PELAJARAN IPS KELAS V DI SD NEGERI GUE GAJAH ACEH BESAR PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PELAJARAN IPS KELAS 5 DI SD NEGERI GUE GAJAH ACEH BESAR (yusniar, 2013)

PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI-IS1 SMA 16 BANDA ACEH (Hardi, 2018)

PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA SUBTEMA HEWAN DAN TUMBUHAN DI LINGKUNGAN RUMAHKU KELAS IV SD NEGERI 3 JEUMPA KABUPATEN BIREUEN (Istialina, 2016)

PEMANFAATAN MEDIA LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATERI STRUKTUR BAGIAN TUMBUHAN DENGAN FUNGSINYA KELAS IV SD NEGERI BEUNGGA TANGSE (Rizka Faryatuni, 2014)

PENGARUH PEMANFAATAN BANTUAN SISWA MISKIN (BSM) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA SMPN 2 KEUMBANG TANJONG KABUPATEN PIDIE (Azanil Fajri, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy