//

IMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION THROUGH VOCABULARY SELF-COLLECTION STRATEGY (A CLASSROOM ACTION RESEARCH AT POLITEKNIK BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MULA UL HUSNA - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
READING COMPREHENSION
VOCABULARY
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Magister pendidikan Bahasa Inggris
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Mula Ul Husna, 2016. Improving Students’ Reading Comprehension Through Vocabulary Self-collection Strategy (A Classroom Action Research at Politeknik Banda Aceh) Thesis, Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Pembimbing: (1) Dr. Bustami Usman, M.Pd (2) Abdul Manan, M.Sc, MA., Ph.D Kata Kunci: Classroom Action Research, Reading comprehension, Vocabulary Self-collection Strategy. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa/I Teknik Elektro Industri Banda Aceh melalui penerapan VSS dalam materi reading. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Data dari penelitian berbentuk data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari catatan lapangan dan lembar observasi siswa dan guru yang diisi oleh kolaborator pada saat proses belajar mengajar. Sementara itu, Data quantitatif diperoleh dari lembaran angket dan soal tes siswa. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pemahaman membaca siswa/I meningkat setelah VSS digunakan pada proses belajar mengajar. Hal ini di tunjukkan oleh peningkatan nilai tengah dari nilai pre-test dan post-test (35.75-76.66). Penampilan guru juga meningkat dalam proses belajar mengajar. Hal ini dapat dilihat dari lembaran pengamatan aktivitas peneliti tentang persentase penampilan guru pada siklus pertama, kedua dan ketiga adalah 47%-85%. Selanjutnya, persentase partisipasi siswa di dalam proses belajar mengajar meningkat secara bertahap. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil lembaran pengamatan siswa dimana persentase partisipasi siswa pada siklus pertama, kedua dan ketiga adalah 38%-83%. Keaktifan mereka meningkat leb ih baik di akhir siklus yaitu 83%. Hal ini membuktikan bahwa strategi yang diterapkan mampu meningkatkan keaktifan mereka dalam proses belajar dan membimbing mereka untuk bekerjasama dalam menyelesaikan tugas yang diberikan pada tiap siklus. Kemudian juga, berdasarkan hasil angket yang telah diberikan menunjukkan bahwa respon siswa terhadap penerapan strategi VSS ditanggapi positif didalam proses pembelajaran pemahaman membaca pada kelas mereka. Hal tersebut di buktikan dengan hasil keseluruhan rata-rata 3.28. Selain itu, strategi ini terbukti mampu memfasilitasi siswa mengartikan kata-kata yang sulit didalam teks. Pada akhirnya, interaksi kelompok diskusi antara siswa dan guru di dalam kelas reading semakin meningkat

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

THE USE OF THREE MINUTE PAUSE STRATEGY TO IMPROVE STUDENTS’ READING COMPREHENSION IN RECOUNT TEXT (AN EXPERIMENTAL RESEARCH AT SMAN 8 BANDA ACEH) (Shafura, 2017)

THE APPLICATION OF MULTIPASS STRATEGY TO TEACH READING COMPREHENSION ON DESCRIPTIVE TEXT (dini sri ninta, 2017)

IMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION THROUGH SURVEY, QUESTION, PREDICT, READ, RESPOND, SUMMARIZE (SQP2RS) STRATEGY (A COLLABORATIVE CLASSROOM ACTION RESEARCH AT TENTH GRADERS OF SMA NEGERI 1 SAWANG NORTH ACEH) (Kamalia, 2016)

IMPROVING STUDENTS’ READING ABILITY THROUGH CONSTRUCTIVISM MODEL (A CLASSROOM ACTION RESEARCH TO THE SECOND YEAR STUDENTS OF MAS AL ZAHRAH BIREUEN) (Ullya Zainura, 2018)

AN EXPERIMENTAL RESEARCH ON IMPROVING STUDENTS' READING COMPREHENSION BY IMPLEMENTING RECIPROCAL TEACHING (raudhah nur ahya, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy