//

PERBANDINGAN ANOMALI MEDAN MAGNETIK TOTAL BERDASARKAN DARI KERAPATAN STASIUN PADA KAWASAN BENTENG KUTA LUBOK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dede Zulhana - Personal Name

Abstrak/Catatan

Benteng Kuta Lubuk merupakan salah satu peninggalan bersejarah yang masih tersisa di Aceh, penelitian mengenai perbandingan anomali medan magnetik total berdasarkan dari kerapatan stasiun pada kawasan Benteng Kuta Lubok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode magnetik yang dapat membedakan perbedaan resolusi data berdasarkan kerapatan stasiun, dengan menggunkan alat proton procession magnetometer (PPM). Penelitian ini bertujuan mendapatkan anomali medan magnetik total pada kawasan benteng membandingkan resolusi berdasarkan kerapatan stasiun. Data yang diperoleh berupa nilai intensitas medan magnetik. Data tersebut kemudian diolah menggunakan software surfer untuk memperoleh peta kontur. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan resolusi kerapatan yang menunjukkan sisa-sisa bangunan benteng . Adapun perbedaan yang di dapat dari penelitian berupa perbedaan respon intensitas medan magnetik sehingga pada resolusi jarak antar titik 2 meter dan untuk jarak antar stasiun 2 meter memiliki resolusi yang lebih bagus yang menunjukkan sisa-sisa benteng dibandingkan dengan penelitian terdahulu dengan jarak antar stasiun 5 meter dan jarak antar lintasan 10 meter. Dari hasil pengolahan data menunjukkan bahwa resolusi kerapatan penelitian menunjukkan bangunan sisa-sisa arkeologi yaitu benteng. Kata kunci: metode magnetik, resolusi kerapatan, surfer.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI BAWAH PERMUKAAN BERDASARKAN ANOMALI MEDAN MAGNETIK TOTAL REDUKSI KE KUTUB DAN EKUATOR PADA BENTENG KUTA BATEE TRUMON, ACEH SELATAN (Ulfia Firnanda, 2016)

IDENTIFIKASI BAWAH PERMUKAAN MENGGUNAKAN METODE MAGNETIK DI KAWASAN BENTENG KUTA BATEE, TRUMON, ACEH SELATAN (Fitria Rahmadhani, 2016)

TRANSFORMASI PSEUDO-GRAVITY DATA ANOMALI MAGNETIK UNTUK INVESTIGASI SITUS ARKEOLOGI DI KAWASAN BENTENG KUTA BATEE, TRUMON, ACEH SELATAN (Helma Linda, 2016)

PEMETAAN BAWAH PERMUKAAN MANIFESTASI PANAS BUMI IE JU BERDASARKAN DATA ANOMALI MEDAN MAGNETIK TOTAL PEMETAAN BAWAH PERMUKAAN MANIFESTASI PANAS BUMI IE JU BERDASARKAN DATA ANOMALI MEDAN MAGNETIK TOTAL (SITI FATIMAH, 2018)

INTERPRETASI ANOMALI MEDAN MAGNETIK TOTAL DI LAPANGAN PROSPEK EMAS AREA "C" JAWA BARAT (ALVIN CAESAR LESMANA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy