//

HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN ORANGTUA DENGAN HARGA DIRI PADA REMAJA YANG MELAKUKAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Miranti Bahri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Perilaku seksual pranikah semakin menunjukkan peningkatan setiap tahunnya, khususnya pada remaja di Kota Banda Aceh. Salah satu faktor yang memengaruhi perilaku seksual pranikah pada remaja adalah harga diri. Harga diri dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya kelekatan orangtua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kelekatan orangtua dengan harga diri pada remaja yang melakukan perilaku seksual pranikah di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik snowball sampling, dengan subjek 60 remaja yang pernah melakukan senggama dengan rentang usia 16-22 tahun. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah adaptasi Inventory of Parent and Peer Attachment (IPPA) dan Rosenberg Self-Esteem Scale (RES). Analisis data menggunakan teknik Pearson Product Moment Correlation. Hasil penelitian ini menunjukkan korelasi kelekatan ayah dengan harga diri sebesar r = 0,545 dengan nilai signifikansi p = 0,000 (p < 0,05), dan koefisien korelasi kelekatan ibu dengan harga diri sebesar r = 0,540 dengan nilai signifikansi p = 0,000 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kelekatan ayah dengan harga diri dan terdapat hubungan positif dan signifikan antara kelekatan ibu dengan harga diri pada remaja yang melakukan perilaku seksual pranikah di Kota Banda Aceh. Artinya semakin tinggi kelekatan ayah ataupun kelekatan ibu maka semakin tinggi harga diri remaja yang melakukan perilaku seksual pranikah di Kota Banda Aceh. Kata Kunci: Kelekatan Orangtua, Harga Diri, Remaja, Perilaku Seksual Pranikah

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI IBU-ANAK DENGAN SIKAP TERHADAP PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH PADA REMAJA DI BANDA ACEH (Kurniawati, 2014)

PERBEDAAN CONSIDERATION OF FUTURE CONSEQUENCES PADA REMAJA AKHIR DITINJAU DARI PENGALAMAN MELAKUKAN HUBUNGAN SEKSUAL PRANIKAH (khairatun hisan, 2016)

RASA BERSALAH PADA REMAJA YANG MELAKUKAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH DI BANDA ACEH (Arifati Ilma Lubis, 2016)

KOPING STRES PADA REMAJA YANG MENIKAH KARENA PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH DI KABUPATEN BENER MERIAH (Patimah Binti, 2015)

HUBUNGAN KELEKATAN ORANGTUA PADA ANAK DENGAN NILAI-NILAI KARAKTER DASAR SISWA SMP NEGERI 3 KOTA BANDA ACEH (Hasnah Ratna Sari, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy