//

PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERMUATAN SIKAP SPIRITUAL PADA MATERI PENGUKURAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khairunnisa - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Khairunnisa. 2016. Pengembangan LKS Berbasis Problem Based Learning Bermuatan Sikap Spiritual pada Materi Pengukuran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikr Kritis Siswa. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Yusrizal, M.Pd., (2) Dr. A. Halim, M.Si. Kata kunci: Penelitian Pengembangan, LKS, Problem Based Learning, Sikap Spiritual, Kemampuan Berpikir Kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengembangan LKS Berbasis Problem Based Learning bermuatan sikap spiritual agar menjadi produk yang layak digunakan sebagai bahan ajar fisika, 2) LKS Berbasis Problem Based Learning Bermuatan Sikap Spiritual untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan lima tahap pengembangan yaitu Analisis, Design, Development, Implementation, dan Evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya tahun ajaran 2016/2017. Uji lapangan operasional menggunakan Posttest-Only Control Design. Data kemampuan berpikir kritis (hasil belajar kognitif) siswa diuji menggunakan uji t untuk dua sampel kecil yang tidak saling berhubungan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar penilaian LKS, tes tulis dalam bentuk uraian berupa post-test diakhir pembelajaran, serta lembar angket tanggapan siswa dan guru yang dianalisis menggunakan uji persentase. Pada penelitian ini dilakukan uji daya beda (uji t) untuk mengetahui perbedaan antara kelas yang diajar dengan LKS yang dikembangkan dengan kelas yang diajar secara konvensional. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan LKS berbasis problem based learning bermuatan sikap spiritual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa layak digunakan sebagai bahan ajar fisika dengan persentase skor 73% didapatkan dari validasi oleh ahli materi, dan 77,5%penilaian oleh guru serta perolehan respon siswa dan guru terhadap LKS yang dikembangkan termasuk kategori respon positif, 2) Bahan ajar LKS berbasis problem based learning bermuatan sikap spiritual pada materi pengukuran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dilihat dari perolehan nilai post-test yang diuji dengan uji t. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar fisika dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pengukuran dikelas X SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIR MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMPN 10 BANDA ACEH (Suci Putri Meilita, 2016)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TECHNOLOGICAL, PEDAGOGICAL, AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Nurul Ayuni, 2018)

PENERAPAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (RIZKA ULFIA, 2016)

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MEMALUI MODEL PROBLEM BESED LEARNING PADA MATERI TURUNAN DI KELAS XI SMAN UNGGUL TUNAS BANGSA ACEH BARAT DAYA (Retna Suci Wulandari, 2017)

PENGARUHMODEL PROBLEM BASED LEARNINGTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, KETERAMPILAN PROSES SAINSDAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEPSISTEM PERNAPASAN DIMAN KABUPATEN BIREUEN (KHAIRUNNISAK, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy