//

ANALISIS PENUTUPAN LAHAN DAN PENDUGAAN LAJU EROSI BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) PADA HUTAN PRODUKSI (STUDI KASUS DI KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YUSNIDAR SINAMBELA - Personal Name
SubjectLAND CONSERVATION
EROSION - AGRICULTURE
FOREST LANDS - ECONOMICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Konservasi Sumber Daya Lahan
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pendugaan laju erosi pada hutan produksi perlu dilakukan dalam rangka pengelolaan hutan produksi secara lestari. Melalui analisis penutupan lahan dengan menggunakan data penginderaan jauh, dan data pendukung serta data lapangan menggunakan persamaan Universal Soil Loss Equation (USLE) dilakukan analisis laju erosi pada hutan produksi Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan data kelas penutupan lahan, laju erosi dan tingkat bahaya erosi (TBE). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknis analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif melalui pengkelasan dan skoring terhadap data-data spasial faktor-faktor penyebab erosi sesuai kriteria yang ditetapkan. Dari penelitian ini diketahui bahwa terdapat tiga kelas penutupan lahan yaitu hutan lahan kering sekunder 51,715%, semak dan belukar 46,158% dan lahan terbuka 2,127%. Laju erosi rata-rata pada masing-masing tutupan lahan adalah hutan lahan kering sekunder 3,888 ton/ha/thn, semak dan belukar 42,878 ton/ha/thn dan lahan terbuka 122,718 ton/ha/thn. Tingkat Bahaya Erosi (TBE) adalah sangat ringan sampai dengan sangat berat dengan persentasi masing-masing TBE adalah sebagai berikut TBE sangat ringan 39,456%, TBE ringan 36,184, TBE sedang 21,116%, TBE berat 2,116% dan TBE sangat berat 0,289%. Kata Kunci : Hutan Produksi, Penutupan Lahan, Penginderaan Jauh, GIS, Erosi

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENUTUPAN LAHAN DAN PENDUGAAN LAJU EROSI BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) PADA HUTAN PRODUKSI (STUDI KASUS DI KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR) (YUSNIDAR SINAMBELA, 2016)

STUDI SEDIMENTASI DAN EROSI LAHAN PADA DAS SEUNAGAN KABUPATEN NAGAN RAYA (Dian Safiana, 2018)

ANALISIS SEBARAN EROSI LAHAN DAN UPAYA KONSERVASI DAS DENGAN SISTEM VETIVERRN(STUDI KASUS DAS KRUENG TEUNGKU KECAMATAN SEULIMUMRNKABUPATEN ACEH BESAR) (MUHAMMAD IKHSAN, 2014)

ANALISIS PENGGUNAAN LAHAN EKSISTING BERDASARKAN RENCANA TATA RUANG DI KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Akbar Maulana, 2018)

PREDIKSI EROSI DAN UPAYA KONSERVASI TANAH TAMAN HUTAN RAYA (TAHURA) POCUT MEURAH INTAN KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (MOCHAMMAD REZA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy