//

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KECEMASAN MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mutia Fariha - Personal Name
SubjectMETHODS OF STUDY
MATHEMATICS
EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Penerapan problem solving sebagai pendekatan dalam pembelajaran matematika selain bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Dalam pelaksanaannya, penerapan pendekatan problem solving diduga dapat menyebabkan perubahan kecemasan matematika. Kecemasan matematika yang tinggi atau terlalu rendah akan mempengaruhi kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan kecemasan matematika siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan problem solving ditinjau berdasarkan keseluruhan siswa dan pengelompokan siswa. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group. Pengumpulan data menggunakan tes untuk kemampuan berpikir kritis matematis dan angket untuk kecemasan matematika. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan problem solving lebih tinggi dari peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan konvensional baik ditinjau berdasarkan keseluruhan siswa maupun ditinjau berdasarkan pengelompokan siswa. Untuk kecemasan matematika disimpulkan bahwa terdapat penurunan kecemasan matematika baik pada kelas yang diajarkan dengan pendekatan problem solving maupun pada kelas yang diajarkan dengan pendekatan konvensional, namun demikian tidak terdapat perbedaan penurunan kecemasan matematika yang signifikan antara kedua kelas tersebut baik ditinjau berdasarkan keseluruhan siswa maupun ditinjau berdasarkan pengelompokan siswa. Selanjutnya berdasarkan analisis disimpulkan bahwa terdapat interaksi antara faktor pendekatan pembelajaran dan pengelompokan siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir ktitis matematis atau kecemasan matematika.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Lia Fitria, 2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM POSING. (Rifaatul Mahmuzah, 2014)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Zulfiati, 2016)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (Muhammad Ridha, 2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIR MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMPN 10 BANDA ACEH (Suci Putri Meilita, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.