//

RASA BERSALAH PADA REMAJA YANG MELAKUKAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH DI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Arifati Ilma Lubis - Personal Name

Abstrak/Catatan

Perilaku seksual pranikah di kalangan remaja semakin marak terjadi dan memiliki dampak secara psikologis bagi diri remaja, yaitu munculnya perasaan negatif seperti rasa bersalah. Rasa bersalah merupakan emosi negatif yang sekaligus memiliki dimensi positif dalam mengarahkan individu yang telah melakukan kesalahan untuk tidak mengulangi kesalahannya kembali. Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui bagaimana rasa bersalah pada remaja yang melakukan perilaku seksual pranikah di Banda Aceh. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus. Prosedur pengambilan sampel menggunakan teknik purposeful sampling berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki oleh responden sesuai dengan tujuan penelitian dengan jumlah 4 orang remaja yang telah melakukan perilaku seksual pranikah. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan analisis tema berdasarkan aspek-aspek dari rasa bersalah. Hasil penelitian menunjukkan adanya rasa bersalah hanya pada responden Z dan F. Responden Z dan F menunjukkan rasa bersalah karena munculnya perasaan yang tidak menyenangkan berupa perasaan takut, menyesal, dan merasa bersalah (feeling), mengingat kesalahan yang telah dilakukan dan memikirkan cara untuk memperbaiki kesalahan (thinking), kemudian tindakan yang dilakukan responden Z dan F untuk memperbaiki kesalahan dengan jujur dan meminta maaf kepada orangtua serta tidak mengulangi lagi perilaku tersebut (behavior). Pada responden F, adanya keinginan untuk bertanggung jawab atas perilaku seksual pranikah yang telah dilakukannya juga merupakan salah satu bentuk dari rasa bersalah. Sedangkan pada responden P dan N tidak menunjukkan rasa bersalah karena tidak adanya tindakan untuk memperbaiki kesalahan dan cenderung memiliki keinginan untuk mengulangi lagi perilaku seksual pranikah. Kata kunci : Perilaku seksual pranikah, Rasa bersalah, Remaja

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI IBU-ANAK DENGAN SIKAP TERHADAP PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH PADA REMAJA DI BANDA ACEH (Kurniawati, 2014)

PERBEDAAN CONSIDERATION OF FUTURE CONSEQUENCES PADA REMAJA AKHIR DITINJAU DARI PENGALAMAN MELAKUKAN HUBUNGAN SEKSUAL PRANIKAH (khairatun hisan, 2016)

HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN ORANGTUA DENGAN HARGA DIRI PADA REMAJA YANG MELAKUKAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH DI KOTA BANDA ACEH (Miranti Bahri, 2016)

KOPING STRES PADA REMAJA YANG MENIKAH KARENA PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH DI KABUPATEN BENER MERIAH (Patimah Binti, 2015)

DINAMIKA PSIKOLOGIS REMAJA YANG MELAKUKAN INTERCOURSE (M. Rizki Andian, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy