//

HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN PERILAKU PROSOSIAL PADA SANTRI PESANTREN MODERN DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Putri Novita - Personal Name

Abstrak/Catatan

Perilaku prososial merupakan salah satu bentuk perilaku yang tidak dapat dihilangkan dari ajaran islam. Islam mewajibkan setiap manusia agar selalu berperilaku prososial antar sesama termasuk santri yang berada di pesantren. Salah satu faktor yang yang memengaruhi perilaku prososial adalah religiusitas. Religiusitas merupakan tingkat kesadaran akan adanya Allah yang dimengerti menurut pandangan tauhidiyah dalam islam yaitu aqidah dan akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara religiusitas dengan perilaku prososial pada santri pesantren modern di kota Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah santri pesantren modern di kota Banda Aceh yang tersebar dari kelas I tingkat MTsN - kelas III tingkat MA dengan jumlah 255 subjek (121 laki-laki dan 134 perempuan). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala Religiusitas yang di susun sendiri oleh peneliti berdasarkan teori Hamzah et,al dengan koefisien reliabilitas 0,870 dan Skala Perilaku Prososial yang disusun sendiri oleh peneliti berdasarkan teori Eisenberg dan Mussen dengan koefisien reliabilitas 0,839. Hasil analisis data menggunakan teknik korelasi Pearson menunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,605 dengan nilai p = 0,00 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara religiusitas dengan perilaku prososial pada santri pesantren modern di kota Banda Aceh. Artinya, semakin tinggi religiusitas maka semakin tinggi perilaku prososial ataupun sebaliknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat religiusitas pada santri pesantren modern di kota Banda Aceh tergolong tinggi (95,7%) dan perilaku prososial juga tergolong tinggi (91,8%). Kata kunci: religiusitas, perilaku prososial, santri pesantren

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN SIKAP TERHADAP PERILAKU SEKS BEBAS ANTARA SISWA SMA DAN SANTRI PASANTREN DI KOTA BANDA ACEH (Oky Padang Sentosa, 2014)

MINAT PEMAKAIAN BATIK MOTIF ACEH DI KALANGAN SANTRI PESANTREN MODERN AL FALAH ABU LAM U KABUPATEN ACEH BESAR (UTARI RAHMI, 2016)

MOTIVASI BELAJAR PENJASORKES PADA SANTRI PONDOK PESANTREN MODERN AL-FALAH ABU LAM URN KABUPATEN ACEH BESAR (Basirun Nazir, 2014)

HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN ANGKA KESAKITAN SANTRI DI PESANTREN MODERN DARUL ULUM BANDA ACEH TAHUN 2012 (Ananda Putri Phonna, 2014)

ANALISIS PERILAKU ALTRUISME PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN MODERN BABUN NAJAH BANDA ACEH (Dina Mahmuliana, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy