//

PENDISTRIBUSIAN DAN PEMANFAATAN DANA BAITUL MAL DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT DI KECAMATAN ATU LINTANG DAN JAGONG JEGET KABUPATEN ACEH TENGAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURIFFASARI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nuriffasari. 2016. Pendistribusian Dan Pemanfaatan Dana Baitul Mal Dalam Pengembangan Ekonomi Masyarakat Di Kecamatan Atu Lintang Dan Jagong Jeget Kabupaten Aceh Tengah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Drs. Zakaria, M.Ed, (2) Dra. Musfiana, MM. Kata kunci : Pendistribusian, Manfaat, Ekonomi Masyarakat Baitul Mal menjalankan fungsinya sebagai pengelola zakat, infaq shadaqah serta harta agama lainnya dalam meningkatkan sumber daya umat serta dapat mengurangi kemiskinan dan faktor permasalahan ekonomi lainnya di Kabupaten Aceh Tengah. Dasar atau ketentuan dalam hal tersebut sebagaimana yang telah di jelaskan dalam Firman Allah Qs. At Taubah : 60 mengenai dasar penyaluran zakat. Zakat berperan penting dalam upaya pemecahan masalah masyarakat, seperti kemiskinan dan kesenjangan sosial akibat perbedaan status sosial dimasyarakat baik pendidikan maupun kekayaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pendistribusian dana Baitul Mal, pendistribusian dana Baitul Mal, pemanfaatan dana Baitul Mal, dan pengembalian dana Baitul Mal di kabupaten Aceh Tengah yang di terima oleh masyarakat di Kecamatan Atu Lintang dan Jagong Jeget untuk pengembangan ekonomi. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan metode diskriptif, hal ini untuk memberikan diskripsi tentang pelaksanaan pendistribusian dan pemanfaatan dana Baitul Mal kabupaten Aceh Tengah. Hasil penelitian ini, proses pendistribusian dana Baitul Mal dilakukan dengan cara mustahik mengajukan permohonan kepada Baitul Mal kampung dan selanjutnya diserahkan kepada Baitul Mal kabupaten untuk dapat dibantu, sedangkan pendistribusian dana Baitul Mal di kecamatan Atu Lintang dan Jagong Jeget didistribusikan kepada 8 kriteria penerima zakat dengan ketentuan Fakir Miskin 56%, Amil 15%, Mu’allaf 0,6%, Gharim 0,7%, Ibnu Sabil 3%, Sabilillah 24,7% dari jumlah zakat, infaq, shadaqah yang diterima. Pemanfaatan dana Baitul Mal dilakukan dengan cara menumbuh kembangkan potensi ekonomi yang ada, baik dalam bidang usaha perdagangan, peternakan dan pertanian. Kemudian pengembalian dana Baitul Mal untuk infaq produktif dilakukan atas persetujuan penerima modal usaha yang diatur dalam suatu akad perjanjian antara pihak Baitul Mal dengan penerima dana. Kesimpulannya Pendistribusian dan Pemanfaatan dana Baitul Mal dalam pengembangan ekonomi masyarakat di Kecamatan Atu Lintang dan Jagong Jeget dilaksanakan dengan baik sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERKEMBANGAN PEMUKIMAN TRANSMIGRASI DI KECAMATAN JAGONG JEGET KABUPATEN ACEH TENGAH 1982-2014 (nurul fitri, 2014)

ANALISIS PEMANFAATAN DANA BAITUL MAL ACEH DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT DI PROVINSI ACEH (Agya Dicky Oktriea, 2014)

STRATEGI PENGEMBANGAN KLUSTER PERKEBUNAN KOPI DAN TEBU UNTUK PENGEMBANGAN EKONOMI KABUPATEN ACEH TENGAH (Aris Zaputra, 2016)

PROSES AKULTURASI BUDAYA MELALUI PERKAWINAN CAMPURAN SUKU JAWA – GAYO DI DESA JEGET AYU KECAMATAN JAGONG JEGET KABUPATEN ACEH TENGAH (Annurul Qaidar, 2018)

PEMANFAATAN DANA DESA DALAM PENGEMBANGAN BUMG DI KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (Herlisma, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy