//

PENGARUH TEKNIK MODULASI TERHADAP KINERJA LAYANAN VOICE DAN VIDEO PADA JARINGAN WIMAX MENGGUNAKAN OPNET MODELER

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD AKMAL - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kestabilan jaringan WiMAX dapat dinilai dari quality of service (QoS), pada saat koneksi dengan internet memerlukan bandwith yang memadai terutama pada layanan voice dan video. Quality of service untuk layanan voice dan video merupakan permasalahan komunikasi internet secara keseluruhan. Salah satu cara untuk menjaga kestabilan kualitas layanan yaitu menggunakan teknik modulasi, dimana teknik modulasi memungkinkan pengaturan pola sinyal modulasi yang tergantung pada kondisi signal to noise ratio (SNR). Penelitian ini membandingkan tipe modulasi QPSK, 16QAM dan 64QAM. Hasil pengujian didapatkan perbandingan nilai delay, throughput, Block error rate (BLER) dan signal to noise ratio (SNR) pada masing-masing modulasi tersebut. Kata Kunci : WiMAX, modulasi, voice, video

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN SESSION INITIATION PROTOCOL (SIP) UNTUK PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN IP MULTIMEDIA SUBSYSTEM DENGAN CODEC G.711, G.729A DAN G.723 (YUSWARDI, 2016)

PEMBUATAN VOIP SERVER MENGGUNAKAN ASTERISK (UNA OCTARIANA FEBRUANTY, 2018)

ANALISIS KUALITAS DAN KINERJA JARINGAN AKSES INDIHOME UNTUK TEKNOLOGI GPON DAN MSAN DI STO DARUSSALAM (Dhian Ulfa Safitri, 2017)

PENERAPAN KODE HAMMING PADA SISTEM KOMUNIKASI KOOPERATIF MENGGUNAKAN PROTOKOL QUANTIZE-AND-FORWARD (QF) (Rony Kurnia, 2016)

ANALISIS EFISIENSI ENERGI UNTUK TRANSMISI VIDEO DAN DATA PADA SISTEM KOMUNIKASI KOOPERATIF (Ahmad Soleh Rangkuti, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy