//

APLIKASI METODE GEOLISTRIK KONFIGURASI POLE-DIPOLE UNTUK MENENTUKAN ZONA LAPUK (WEATHERED ZONE) DI KAWASAN BLANG BINTANG ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ikrammullah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian untuk memetakan zona lapuk dengan menggunakan metode geolistrik konfigurasi pole-dipole di kawasan Blang Bintang, Aceh Besar. Metode geolistrik adalah metode yang digunakan untuk mengetahui struktur bawah permukaan tanah dengan menginjeksikan arus kedalam tanah menggunakan dua buah elektroda dan kemudian mengukur beda potensial dengan dua buah elektroda lainnya. Pada metode listrik konfigurasi pole-dipole salah satu elektroda arus diletakkan berjauhan dari pada elektoda lainnya sejauh 800 meter.Penentuan lintasan pengukuran dilakukan secara sembarang dengan topografi untuk mendapatkan kemiringan sehingga didapatkan 4 lintasan dengan panjang 2 buah lintasan 200 meter dan 2 buah lintasan 400 meter dengan spasi 5 meter. Pada penelitian ini elektroda yang digunakan berjumlah 80 buah. Hasil interpretasi dari keempat lintasan nilai resistivitas yang didapat dari pengukuran ini yaitu 2-170 Ωm.Pada setiap lintasan ada tiga bagian nilai dari resistivitas yang dibagi, nilai resistivitas 0-50 Ωm diinterpretasikan sebagai tanah lempung, pada nilai resistivitas 50-100 Ωm diinterpretasikan sebagai tanah alluvial dan pasir sedangkan pada nilai resistivitas 100-170 Ωm diinterpretasikan sebagai tanah kering. Data pengukuran menunjukkan zona lapuk di setiap lintasan dengan melihat nilai resistivitasnya yang cenderung rendah yaitu 2-50 Ωm. Pada setiap lintasan memperlihatkan adanya zona lapuk walau berbeda lapisan karena topografi wilayah yang berbukit-bukit. Kata Kunci : Geolistrik konfigurasi pole-dipole, Nilai resistivitas, zona lapuk.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENDUGAAN BIDANG GELINCIR DAERAH RAWAN LONGSOR DI KAWASAN GUNUNG PARO ACEH BESAR DENGAN METODE RESISITIVITAS (Yulinar Fajrina, 2018)

APLIKASI METODE GEOLISTRIK POLE-DIPOLE UNTUK KAWASAN PANAS BUMI IE SEU-UM ACEH BESAR (Syahrul Hidayat, 2014)

STUDI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN MENGGUNAKAN METODE RESISTIVITAS 2D PADA KAWASAN BENTENG KUTA LUBOK, DESA LAMREH ACEH BESAR (tarmizi, 2013)

PENENTUAN STRUKTUR DANGKAL BAWAH PERMUKAAN TERDAMPAK TSUNAMI BERDASARKAN DATA RESISTIVITAS DAERAH KAJHU, ACEH BESAR PENENTUAN STRUKTUR DANGKAL BAWAH PERMUKAAN TERDAMPAK TSUNAMI BERDASARKAN DATA RESISTIVITAS DAERAH KAJHU, ACEH BESAR (FARADYA ADELLA, 2018)

PENENTUAN STRUKTUR 2D BAWAH PERMUKAAN DAERAH RAWAN LONGSOR MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK DI DESA PAYA ATEUK (Andi Dian Saputra, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy