//

PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS AL-QUR'AN TERHADAP SIKAP SPIRITUAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khairun Nisa - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nisa, Khairun. 2016. Pengaruh Pembelajaran Fisika Berbasis Al-Quran Terhadap Sikap Spiritual Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Susilawati, S.Pd, M.Ed., (2) Drs. Ahmad Farhan, M.Si Kata Kunci : Pembelajaran Fisika Berbasis Al-Qur’an, Sikap Spiritual Penelitian yang berjudul “Pengaruh Pembelajaran Fisika Berbasis Al-Qur’an Terhadap Sikap Spiritual Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Banda Aceh” ini mengangkat masalah apakah ada pengaruh pembelajaran fisika berbasis Al-Qur’an terhadap sikap spiritual siswa kelas X SMA Negeri 2 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran fisika berbasis Al-Qur’an terhadap sikap spiritual siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 2 Banda Aceh tahun ajaran 2015/2016 terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 122 orang. Dari jumlah populasi tersebut maka sampel penelitian yang diambil siswa kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan pembelajaran fisika berbasis Al-Qur’an dan siswa kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran tanpa berbasis Al-Quran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan penilaian diri. Pengolahan data lembar observasi dan penilaian diri sikap spiritual siswa menggunakan uji statistik berupa uji t yang telah terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya. Hasil analisis data yaitu nilai thitung= 10,46 sedangkan nilai ttabel=1,68 oleh karena itu berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, tolak Ho jika thitung > ttabel, Karena thitung > ttabel maka tolak Ho. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika berbasis Al-Qur’an lebih baik daripada pembelajaran fisika tanpa berbasis Al-Qur’an dalam meningkatkan sikap spiritual siswa, hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran fisika berbasis Al-Qur’an terhadap sikap spiritual siswa kelas X SMA Negeri 2 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERMUATAN SIKAP SPIRITUAL PADA MATERI PENGUKURAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Khairunnisa, 2016)

HUBUNGAN SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 18 KOTA BANDA ACEH (Amelia Zahara, 2017)

PENGARUH SPIRITUAL TEMPAT KERJA TERHADAP SIKAP KERJA POSITIF DENGAN SPIRITUAL INDIVIDUAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA KARYAWAN PT PUPUK ISKANDAR MUDA (PERSERO) LHOKSEUMAWE (RAISA FADIA, 2016)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SMA NEGERI 1 MONTASIK (FARTIKA TARWIAH, 2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TEUPAH BARAT (Riki Asmulianto, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy