//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) MELALUI VIRTUAL LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI-MIPA 4 SMAN 8 BANDA ACEH PADA MATERI TEORI KINETIK GAS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Faizil Sartika - Personal Name

Abstrak/Catatan

Sartika, Faizil. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) melalui Virtual Laboratorium untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI-MIPA 4 SMAN 8 Banda Aceh pada Materi Teori Kinetik Gas. Skripsi. Jurusan Pendidikan Fisika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Tarmizi Hamid, M.Pd., (2) Dr. A. Halim, M.Si. Kata kunci: Numbered Head Together (NHT), Laboratorium Virtual, hasil belajar Pemberian materi Teori Kinetik Gas di beberapa SMA kurang memanfaatkan media animasi, seperti media Laboratorium Virtual sehingga hasil belajar siswa masih rendah. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan respon siswa terhadap penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) melalui Laboratorium Virtual dalam proses pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian ini bersumber dari siswa-siswi kelas XI-MIPA 4 SMAN 8 Banda Aceh tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 siswa, 13 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar soal tes berupa pre-test diawal dan post-test diakhir pembelajaran, serta lembar angket tanggapan siswa yang ketiganya dianalisis menggunakan uji persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran pada setiap siklus, (2) terjadi peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada setiap siklusnya dari kategori sedang menjadi sangat baik, (3) persentase ketuntasan individual secara keseluruhan meningkat dari siklus 1 sampai siklus 3 yaitu 75%, 84%, dan 94%, dan persentase ketuntasan klasikal secara keseluruhan juga meningkat yaitu 60%, 70%, dan 90%, serta (4) tanggapan siswa cenderung positif dimana 91% siswa menyatakan senang terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran NHT melalui Laboratorium Virtual ini. Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran NHT melalui Laboratorium Virtual pada materi Teori Kinetik Gas dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-MIPA 4 SMAN 8 Banda Aceh baik dari segi ketuntasan individual maupun ketuntasan klasikal.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL PHET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA RNPADA SISWA DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Cut Melani, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPERNNUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI RNKPK DAN FPB DI KELAS V SD NEGERI 71RN BANDA ACEH (Masyita, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)PADA MATERI PANTUN ANAK DI KELAS IV SD NEGERI 12 BANDA ACEH (ova suriani, 2013)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (RINA PURNAMA SARI, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA MATERI DAUR AIR DI KELAS V SD NEGERI BUENGCALA ACEH BESAR (ASNIYATI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy