//

ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KOMPETENSI PROJECT MANAGER TERHADAP KEBERHASILAN PROYEK KONSTRUKSI SUNGAI PADA DINAS PENGAIRAN ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Safrial - Personal Name
SubjectRIVERS
CONSTRUCTION ENGINEERS
Bahasa Indonesia
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Keberhasilan suatu proyek dapat dikatakan berhasil apabila biaya, waktu, dan mutu telah tercapai. Jika salah satunya tidak terpenuhi, maka proyek tersebut belum sepenuhnya dikatakan berhasil. Untuk itu dibutuhkan project manager yang handal, yang tahu apa saja tugasnya sebagai seorang pemimpin proyek serta mempunyai persyaratan kompetensi yang dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor dominan penerapan kompetensi project manager pada proyek konstruksi sungai di Dinas Pengairan Aceh dan untuk menganalisis bentuk hubungan dan pengaruh antara faktor-faktor kompetensi project manager terhadap keberhasilan proyek konstruksi sungai pada Dinas Pengairan Aceh. Proyek konstruksi sungai yang diamati pada Dinas Pengairan Aceh adalah proyek pekerjaan tanggul bronjong/tanah/rib rab, krib, turap, groundsill, bendung, normalisasi, perkuatan tebing, dan pos pantau. Penelitian ini dilakukan melalui survei kuesioner yang disebarkan kepada kontraktor yang sudah menangani proyek konstruksi sungai pada Dinas Pengairan Aceh mulai dari tahun 2014-2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor dominan penerapan kompetensi project manager pada proyek konstruksi sungai di Dinas Pengairan Aceh adalah faktor pengetahuan, dengan nilai mean sebesar 4,288. Hubungan faktor-faktor kompetensi project manager terhadap keberhasilan proyek konstruksi sungai pada Dinas Pengairan Aceh, yang mempunyai hubungan sangat tinggi adalah faktor teknis, faktor sosialisasi, faktor manajemen manusia, dan faktor manajemen diri dengan nilai koefisien korelasi Pearson antara 0,900-1,000. Pengaruh faktor-faktor kompetensi project manager terhadap keberhasilan proyek konstruksi sungai pada Dinas Pengairan Aceh, yang paling berpengaruh adalah faktor manajemen manusia, dengan nilai koefisien regresi sebesar 1,183. Hal ini menunjukkan bahwa apabila faktor manajemen diri ditingkatkan, maka keberhasilan proyek konstruksi sungai pada Dinas Pengairan Aceh semakin meningkat. Kata Kunci : Kompetensi, project manager, keberhasilan, konstruksi sungai

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH FAKTOR-FAKTOR RISIKO WAKTU TERHADAP BIAYA PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI PROVINSI ACEH (MUHAMMAD TAUFIK, 2018)

STUDI KOMPARASI PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI BENCANA ALAM DAN NON BENCANA ALAM PADA DINAS PENGAIRAN ACEH (Gustin Yulian Nova, 2017)

STUDI KOMPARASI PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI BENCANA ALAM DAN NON BENCANA ALAM PADA DINAS PENGAIRAN ACEH (Gustin Yulian Nova, 2017)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGARUH KONFLIK (DISPUTE) TERHADAP KEBERHASILAN PROYEK KONTRUKSI DI PROVINSI ACEH (Rinaldy, 2016)

IDENTIFIKASI RISIKO PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG BANDA ACEH MADANI EDUCATION CENTER (Arif Fadhillah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy