//

DELINEASI SITUS KUTA LUBOK BERDASARKAN DATA ELEKTROMAGNETIK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Yanis - Personal Name

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan survey geofisika metode elektromagnetik VLF-EM dan induksi elektromagnetik untuk investigasi situs benteng Kuta Lubok di kawasan Lamreh, Aceh Besar. Untuk memetakan areal bekas bangunan benteng, 420 titik pengukuran telah diakuisisi. Data diukur pada 22 lintasan dengan panjang lintasan bervariasi antara 40 – 60 meter. Untuk mendapatkan resolusi yang detil, data diukur dengan jarak antar lintasan sepanjang 20 meter dan jarak antar stasiun sepanjang 5 meter. Beberapa standar pemrosesan data telah diaplikasikan pada masing – masing data terukur dari kedua metode tersebut. Peta kontur dari masing – masing data terukur secara umum mampu mendelineasikan keberadaan situs bangunan yang telah terpendam. Bangunan benteng secara jelas diindikasikan oleh nilai rapat muatan yang rendah pada metode VLF-EM (-0.26 sampai dengan 0.25 mA/cm2). Sedangkan pada metode induksi elektromagnetik bangunan benteng juga ditunjukkan dengan nilai konduktivitas listrik dan suseptibilitas yang rendah. Berdasarkan interpretasi dari kedua metode tersebut dapat disimpulkan bahwa situs benteng Kuta Lubok ditemukan terbentang sejajar dengan garis pantai sepanjang 400 meter ke arah timur dari bangunan benteng yang masih utuh.  

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMETAAN SITUS KUTA LUBOK BERDASARKAN DATA VERY LOW FREQUENCY (VLF) (Muhammad Yanis, 2013)

STUDI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN MENGGUNAKAN METODE RESISTIVITAS 2D PADA KAWASAN BENTENG KUTA LUBOK, DESA LAMREH ACEH BESAR (tarmizi, 2013)

STUDI GROUND PENETRATING RADAR (GPR) PADA BEBERAPA MEDIUM (MUTTAQIN, 2015)

INTERPRETASI DATA VERY LOW FREQUENCY (VLF) PADA KAWASAN BENTENG KUTA LUBOK, LAMREH, ACEH BESAR (Nasrul, 2015)

PERSEPSI MASYARAKAT SEKITARTERHADAP KEBERADAAN SITUS BERSEJARAH MAKAM KANDANGXIIKAMPUNGBARU, KECAMATAN BAITURRAHMAN KOTA BANDA ACEH (Fahzian Aldevan, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy