//

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI GAYA HIDUP MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Asmaul Husna - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: Gaya Hidup Mahasiswa Gaya hidup bisa diartikan sebagai pola konsumsi dan penggunaan barang dan jasa. Dalam era globalisasi, gaya hidup mempengaruhi perilaku seseorang yang akhirnya menentukan pilihan-pilihan konsumsi seseorang seperti timbulnya selera-selera mengkonsumsi barang yang lagi ngetren dan keinginan bahwa dengan memiliki barang mewah akan menggambarkan identitas pada seseorang. Disamping konsumsi makanan mahasiswa biasanya juga berfokus pada gaya hidup yang fashionable. Mahasiswa yang seharusnya memiliki idealisme akademik kini justru mengedepankan gaya hidup yang modern yang menimbulkan dampak menurunnya fokus terhadap idealisme akademik mahasiswa tersebut. Berbicara tentang mahasiswa, tentu tidak lepas dari kebutuhan perkuliahan seperti laptop, buku, pulpen dan peralatan lainnya yang mendukung perlengkapan mahasiswa. Namun kebutuhan perlengkapan tersebut kini kurang maksimal dikarenakan telah terbagi oleh pemenuhan gaya hidup. Adapun yang menjadi rumusan masalah adalah faktor apa saja yang mempengaruhi gaya hidup mahasiswa prodi pendidikan ekonomi dan faktor apakah yang paling dominan dalam mempengaruhi gaya hidup mahasiswa tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi angkatan 2013 yang terdiri dari 59 orang. Sampel pada penelitian ini 51 mahasiswa pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penelitian kepustakaan, penelitian lapangan yang berupa dokumentasi, wawancara dan angket. Dengan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis skala likert. Analisis data yang digunakan adalah dengan menghitung persentase dan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi gaya hidup mahasiswa terdiri dari faktor internal yaitu sikap, pengalaman dan pengamatan, kepribadian, konsep diri, motif dan persepsi. Selanjutnya faktor eksternal yaitu kelompok referensi, keluarga, kelas sosial dan kebudayaan. Faktor dominan yang mempengaruhi gaya hidup mahasiswa yaitu faktor internal terdapat pada indikator sikap dan faktor eksternal tedapat pada indikator keluarga.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI GAYA HIDUP MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH. (Asmaul Husna, 2016)

PERSEPSI MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA TERHADAP PELAKSANAAN UU NO 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK (ITE) (Safarina, 2017)

PRESTASI BELAJAR MAHASISWA YANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN IPS DAN IPA (STUDI PADA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Azhari, 2017)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN KARTU PAKET INTERNET PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNSYIAH (Nora Elisa, 2015)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN SEJARAH FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA YANG MENERIMA BIDIK MISI DENGAN MAHASISWA NON BIDIK MISI (Nanda Usvita, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy