//

IDENTIFIKASI KEBERADAAN SUNGAI PURBA (PALEO-CHANNEL) DI KAWASAN KRUENG BARONA JAYA, ACEH BESAR MENGGUNAKAN METODE SEISMIK REFRAKSI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yulita Wahyuni - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi jenis batuan berdasarkan cepat rambat gelombang P di kawasan persawahan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar. Pada penelitian ini juga dapat dipelajari proses perambatan gelombang seismik di bawah permukaan tanah dan jenis-jenis batuannya serta mengidentifikasi kemungkinan akan adanya sungai purba di lokasi penelitian. Metode yang digunakan adalah metode seismik refraksi yang dapat mengidentifikasi struktur lapisan bawah permukaan yang dangkal. Alat yang digunakan yaitu seismograf PASI dengan 24 geophone yang dapat merekam gelombang seismik. Data yang diperoleh berupa waktu rambat gelombang sebagai fungsi jarak. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan software ZondST2D untuk memperoleh waktu tiba gelombang pertama dari sumber gelombang menuju geophone (first arrival time). Analisis data kemudian dilanjutkan dengan perhitungan kedalaman lapisan batuan dengan menggunakan metode intercept time. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur lapisan dan jenis batuan di bawah permukaan tanah dapat diperkirakan berdasarkan kecepatan perambatan gelombang P. Adapun jenis batuan yang teridentifikasi pada lapisan pertama dengan kecepatan perambatan gelombang P berkisar antara 0-700 m/s yaitu kedalaman 0-5 m dari permukaan diinterpretasikan sebagai lapisan tanah (soil) dan tanah terganggu. Lapisan kedua mempunyai kecepatan perambatan gelombang P antara 950-1500 m/s pada kedalaman 5-11 m yang diinterpretasikan sebagai lapisan tanah lempung. Lapisan ketiga mempunyai kecepatan perambatan gelombang P antara 1300-2000 m/s dengan kedalaman 6-26 m dari permukaan yang dinterpretasikan sebagai lapisan pasir dan kerikil yang mengandung air tanah. Dari hasil pemodelan data 2D metode seismik refraksi menunjukkan bahwa lokasi penelitian mengindikasikan adanya kandungan lempung, kerikil dan pasir yang merupakan ciri-ciri lapisan sungai purba (Paleo-channel). Kata kunci: seismik refraksi, sungai purba, lapisan bawah permukaan, metode intercept time, ZondST2D.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INSEKTA YANG MENGUNJUNGI TANAMAN CABAI (CAPSICUM ANNUM L) DI KAWASAN LAMREUNG KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Azahri, 2014)

IDENTIFIKASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN PADA AREA PEMBANGUNAN JEMBATAN KRUENG KALENG, SABET, ACEH JAYA MENGGUNAKAN METODE SEISMIK REFRAKSI DAN METODE GEOLISTRIK (Intan Maullida, 2016)

APLIKASI METODE GEOLISTRIK UNTUK INVESTIGASI SUNGAI PURBA DI DESA RUMPET ACEH BESAR (Jamalul Ade, 2016)

ANALISIS PERUBAHAN LAHAN SAWAH DAN PEMANFAATAN LAHAN BERDASARKAN TATA RUANG DI KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (chairi akmal, 2016)

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA (Khairani, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy