//

EVALUASI KETERSEDIAAN DAN KEBUTUHAN DRAINASE JALAN (STUDI KASUS JALAN PONDOK BARU – PERMATA KABUPATEN BENER MERIAH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Matjakriandi - Personal Name

Abstrak/Catatan

EVALUASI KETERSEDIAAN DAN KEBUTUHAN DRAINASE JALAN (Studi Kasus Jalan Pondok Baru – Permata Kabupaten Bener Meriah) Oleh : Matjakriandi NIM. 130920006102 Komisi Pembimbing : 1. Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur. BC 2. Dr. Ir. Muhammad Isya, MT ABSTRAK Jalan merupakan infrastruktur transportasi yang sangat penting bagi manusia. Jalan menghubungkan suatu komunitas masyarakat di suatu wilayah dengan wilayah lain, salah satu aspek penting untuk konstruksi jalan raya adalah mengamankan jalan dari air, baik dari air hujan maupun dari drainase samping jalan yang berdampak terhadap kerusakan permukaan jalan. Kabupaten Bener Meriah merupakan daerah pegunungan dengan ketinggian dari permukaan laut 100 meter sampai dengan 2.500 meter, dengan curah hujan yang cukup tinggi. Kondisi jalan yang berada di lereng dan kaki gunung mempengaruhi terhadap kemiringan memanjang jalan dan kemiringan drainase jalan sehingga pada musim hujan banyak terjadi drainase tidak berfungsi dengan baik. Air mengalir dan tergenang di perkerasan jalan serta air mengalir dengan cepat pada drainase yang disebabkan oleh slope yang besar sehingga terjadi gerusan pada drainase, ditambah lagi air jatuh dari lereng langsung ke perkerasan jalan tanpa ada penanganan, untuk hal itu perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengidentifikasi kapasitas jaringan drainase jalan yang ada, mengetahui dan merencanakan kapasitas jaringan drainase jalan serta drainase lereng yang dibutuhkan agar jalan tidak tergenang oleh debit air hujan. Penelitian ini di lakukan pada ruas jalan Pondok Baru – Permata pada Sta.4+200 s/d Sta10+522. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode rata-rata aljabar serta untuk mendapatkan debit rencana dan dimensi menggunakan metode rasional modifikasi persamaan numeris dengan sistem trial and error, didapat untuk hujan rencana periode 5 tahun yaitu 184 mm. Kondisi drainase eksisting berdasarkan perhitungan didapat debit drainase rata -rata Q S 1,52 m 3 /detik dan debit hitung Q T 0,52 m 3 /detik dengan kecepatan aliran air rata -rata pada drainase 7,54 m/detik yang melebihi kecepatan ijin 1,5 m/detik. Setelah dihitung kembali maka didapatkan debit saluran rata-rata QS 0,519 m 3 /detik dan debit hitung Q T 0,517 m 3 /det dengan kecepatan aliran air rata -rata 1,31 m/detik, drainase pada ruas jalan Pondok Baru – Permata perlu dilakukan diredesign. Kata Kunci : Evaluasi, drainase jalan, Debit Air Hujan, Kapasitas Drainase

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KEBUTUHAN DRAINASE JALAN RAYA BERDASARKAN KONDISI MEDAN JALAN (STUDI KASUS JALAN PADA KABUPATEN ACEH TENGAH) (PADLI YOGA, 2017)

STUDI BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) DAN NILAI WAKTU PERJALANAN RUAS JALAN SIMPANG WER LAH – SIMPANG LANCANG KABUPATEN BENER MERIAH (Mudji Burrahman, 2016)

EVALUASI DEFISIENSI KESELAMATAN INFRASTRUKTUR JALAN PADA JALAN BIREUEN –TAKENGON KM. 86 – KM. 92 KABUPATEN BENER MERIAH (NOVA VIYANTIMALA, 2016)

EVALUASI SARANA DAN PRASARANA PENJASORKES PADA SDLB SE-KABUPATEN BENER MERIAH TAHUN AJARAN 2012/2013 (tawardi, 2013)

KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DIDONG DI SMAN 1 PERMATA BENER MERIAH (Husna, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy