//

DAMPAK PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PANTAI ULEE LHEUE TERHADAP KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT ( Studi Kasus di Desa Ulee Lheue Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh )

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M.Adi Kusuma Rayesh - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
SOCIAL INTERACTION
TOUR
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Pengembangan Objek Wisata dan Kearifan Lokal Masyarakat Penelitian ini berjudul “Dampak Pengembangan Objek Wisata Pantai Ulee Lheue Terhadap Kearifan Lokal Masyarakat.” rumusan masalah1. Apakah dampak yang dirasakan oleh masyarakat sekitar desa ulee lheue kecamatan meuraxa kota Banda Aceh terhadap pengembangan objek wisata pantai ulee lheue ? 2.Apakah peran masyarakat desa Ulee lheue kecamatan meuraxa terhadap pengembangan objek wisata pantai Ulee lheue ? 3.Bagaimana peranan pemerintah desa ulee lheue dalam menyikapi terhadap keberadaan nilai-nilai lokal dalam pengembangan objek wisata ulee lheue ? Tujuan penelitian ini untuk Mendeskripsikan, Dampak Pengembangan Objek Wisata Pantai Ulee Lheue Terhadap Kearifan Lokal Masyarakat Untuk mengetahui pendekatan-pendekatan yang dilakukan oleh tokoh masyarakat dalam membina Dampak Pengembangan Objek Wisata Pantai Ulee Lheue Terhadap Kearifan Lokal Masyarakat dan menjelaskan kendala-kendala apa saja yang di hadapi tokoh masyarakat dalam bentuk Terhadap Kearifan Lokal Masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini seluruh tokoh masyarakat,pengunjug,penjeual makanan dan minuman yang berada di sekitar objek wisata pantai ulee lheue. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 24 orang yang terdiri dari desa ulee lheue,desa pie,desa deah glumpang,dan desa lambung kecamatan meuraxa kota banda aceh. Penetapan sampel dilakukan dengan teknik random sampling yang diambil 10% dari jumlah populasi disetiap tokoh masyarakat. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian kearifan lokal masyarakat sudah di lakukan informan sudah berada pada tingkat perubahan akan tetapi di perlukan bimbingan dan pembinaan kembali oleh tokoh masyarakat atau perangkat desa dan juga oleh pihak keluarga masing-masing agar objek wisata sekitar dapat di jaga baik perbuatan pengunjung di lokasi wisata agar dapat menjaga kelestarian objek wisata tersebut.Saran kepada PEMKOT Banda Aceh, Perangkat desa di sekitar objek wisata pantai Ulee Lheue, Pengunjun, Masyarakat dan pedagang kuliner diharapkan kepada PEMKO Banda Aceh( Dinas Syariat Islam) dan Perangkat desa di sekitar objek wisata pantai ulee lheue, Pengunjung dan juga Masyarakat setempat yang menjual makanan dan minuman juga agar mengontrol sikap para Pengunjung objek wisata pantai ulee lheue agar tidak melakukan hal yang bertentangan dengan nilai syariat islam yang berlaku di Aceh,dan terciptanya lokasi wisata yang nyaman dan bernuansa islami.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS ANGKA PENGGANDA PADA PARIWISATA KOTA BANDA ACEH DAN KABUPATEN ACEH BESAR TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT: STUDI KASUS PANTAI ULEE LHEUE DAN LAMPUUK (Afriwanda, 2016)

ANALISIS PENDAPATAN PEDAGANG DIKAWASAN RNPANTAI ULEE LHEUE KECAMATAN MEURAXARNKOTA BANDA ACEH (Erni Fitriyanti, 2014)

PERSEPSI PENGGUNA SERTA FAKTOR-FAKTOR PENGEMBANGAN SARANA DAN PRASARANA PELABUHAN PENYEBERANGAN ULEE LHEUE (rio oktaparizki, 2017)

PERENCANAAN ULEE LHEUE WATER LIFE PARK (Abu Bakar Djamil, 2015)

KAJIAN PEMANFAATAN RUANG PUBLIK TEPI PANTAI ULEE LHEUE KOTA BANDA ACEH (Roni Oscar S, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy