//

PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI DI SMK SMTI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang juli hardiyanti - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hardiyanti, Juli. 2016. Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI di SMK SMTI Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Dr. TM Jamil, M.Si., (2) Dra. Sakdiyah, M.Si Kata Kunci: Pengetahuan Kewirausahaan, Minat Berwirausaha. Dalam upaya menumbuhkan minat berwirausaha siswa sebagai generasi penerus bangsa perlu dibekali pengetahuan kewirausahaan. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI di SMK SMTI Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMK SMTI Banda Aceh yang telah mengikuti kegiatan pembelajaran mata pelajaran kewirausahaan dan prakarya selama 4 (empat) semester berjumlah 163 siswa dan yang menjadi sampel sebanyak 49 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan korelasi ditemukan nilai r = 0,25 atau 25%. Dimana nilai r>0 berarti terjadinya hubungan positif antara pengetahuan kewirausahaan dengan minat berwirausaha. Nilai korelasi determinan menunjukkan pengaruh dari pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI sebesar 0,6 atau 6%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa minat berwirausaha siswa kelas XI di SMK SMTI Banda Aceh dipengaruhi oleh pengetahuan kewirausahaan sebesar 0,6 atau 6%. Selanjutnya untuk menguji signifikan dilakukan dengan pengujian Uji-t dan didapatkan hasil nilai thitung sebesar 1,781 pada tingkat dk = 47 dengan taraf kesalahan 5% lebih besar daripada nilai ttabel sebesar 1,677 ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Simpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI di SMK SMTI Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS HUBUNGAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA BERDASARKAN FAKTOR PENDUKUNG PADA MAHASISWA FMIPA MENGGUNAKAN GENERALIZED LINEAR MODELS DENGAN PENDEKATAN LOG-LINEAR (Farahdila Aulia, 2018)

PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI DAN LINGKUNGAN INTERNAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA ASOSIASI PENGUSAHA EKSPOR IMPOR ACEH (Rizky Wahyudi, 2018)

PENGGUNAAN FASILITAS LABORATORIUM TATA BUSANA SEBAGAI PENUNJANG KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN BAGI SISWA SMK NEGERI 1 KOTA JANTHO (MASYITAH, 2016)

HUBUNGAN MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF SISWA SMK N 3 BANDA ACEH (Eka Novita Sari, 2016)

PENGEMBANGAN KEWIRUSAHAAN DI KALANGAN ALUMNI SMK NEGERI 1 CALANG (Rina Murfiana , 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy