//

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 1 DARUSSALAM ACEH BESAR TAHUN AJARAN 2012/2013

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nilawati - Personal Name
SubjectMETHODS OF STUDY
EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar Siswa Materi segiempat merupakan salah satu materi yang diajarkan di SMP kelas VII semester 2. Masih banyak siswa yang merasa kesulitan untuk memahami materi segiempat, hal ini disebabkan masih kurangnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah yang diberikan. Segiempat banyak memuat masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari sehingga dituntut siswa untuk lebih aktif, berfikir kritis, inovatif, kreatif, memiliki motivasi yang tinggi dan bekerja keras untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan segiempat, berdasarkan masalah tersebut maka dibutuhkan suatu model pembelajaran khusus, salah satu model pembelajaran yang bisa memenuhi tuntutan tersebut adalah model pembelajaran penemuan terbimbing, dan peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian yang berjudul “Hasil Belajar siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Materi Segiempat di Kelas VII SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar Tahun Pelajaran 2012/2013”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai ketercapaian hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing pada materi segiempat di kelas VII SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen. Berdasarkan pendekatannya, penelitian ini termasuk pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar, adapun yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VII3 berjumlah 20 siswa. Adapun data yang diperlukan untuk penelitian ini dikumpulkan dengan cara tes, lembar observasi siswa, lembar observasi kemampuan guru, dan angket respon siswa. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji-t satu pihak taraf signifikan dan derajat kebebasan dk = 19, dengan mulamula uji normalitas data, dari hasil perhitungan didapat data bersifat berdistribusi normal sehingga uji-t bisa dilakukan. Pada uji-t diperoleh lebih besar dari , yaitu 4,36 1,73 ini menunjukkan bahwa H0 di tolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing pada materi segi empat di kelas VII SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar sudah mencapai taraf berhasil.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH DI SMA NEGERI 1 LHOKNGAPENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH DI SMA NEGERI 1 LHOKNGA (Ticaya, 2019)

HASIL BELAJAR MELALUI METODE PENEMUAN TRBIMBING PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR DI KELAS XI MAN RUKOH (BANTA CHAIRULLAH, 2014)

PEMBELAJARAN PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL MELALUI RNMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD RNDENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DI RNKELAS VII SMP NEGERI 14 BANDA ACEH (Mukhsanati, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY CTSTS) PAD A MATERISEGIEMPAT DIKELAS VII SMP NEGERI1 DARUSSALAM TAHUN A JARAN 2015 (Nailul Umrati, 2017)

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN DI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (febriana wulandari, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy