//

HUBUNGAN ANTARA ETHNIC IDENTITY DENGAN SELF-ESTEEM PADA SISWA ETNIK TIONGHOA DI SMA METHODIST BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mawaddah Putri Soraiya - Personal Name

Abstrak/Catatan

Ethnic identity merupakan suatu rasa kepemilikan seorang individu terhadap kelompok etnik tertentu dimana keanggotaannya menjadi bagian dari pemikiran, persepsi dan sikap yang ditunjukkan sebagai seorang anggota dalam kelompok tersebut. Ethnic identity dapat memengaruhi beberapa aspek dari psychological well-being pada individu, salah satunya adalah self-esteem pada individu. Perkembangan ethnic identity dan self-esteem sangat rentan pada masa remaja khususnya pada remaja etnik minoritas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara ethnic identity dan self-esteem pada siswa etnik Tionghoa di SMA Methodist Banda Aceh. Sampel penelitian terdiri dari 88 siswa dengan menggunakan tipe non-probability sampling yaitu purpossive sampling. Ethnic identity diukur dengan menggunakan skala Multigroup Ethnic Identity Measure Revised (MEIM-R) dan Self-esteem diukur dengan menggunakan skala Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES). Hasil analisis korelasi menggunakan Pearson Product Moment menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara ethnic identity dengan self-esteem (r = 0,45, p < 0,05). Semakin kuat ethnic identity maka semakin tinggi self-esteem pada siswa etnik Tionghoa Di SMA Methodist Banda Aceh, begitu juga sebaliknya semakin lemah ethnic identity maka semakin rendah pula self-esteem pada siswa etnik Tionghoa Di SMA Methodist Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bagaimana individu memikirkan, memersepsikan, dan bersikap dalam kelompoknya dapat memengaruhi penilaian individu atas dirinya. Kata kunci: Ethnic Identity, Self-Esteem, Etnik Tionghoa

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INTERAKSI SOSIAL ETNIK TIONGHOA DENGAN MASYARAKAT SETEMPAT DI PERUMAHAN BUDHA SUCI PANTERIEK (Fardi Busrika Zalha, 2017)

KEBIASAAN BELAJAR SISWA ETNIS TIONGHOA DI SMA METHODIST BANDA ACEH (Diantifani Harlianda, 2017)

HUBUNGAN ANTARA SELF-ESTEEM DENGAN MOTIF ALTRUISTIK PADA SISWA SMA NEGERI DI KOTA BANDA ACEH (Misna Rahmika, 2014)

INTERAKSI SOSIAL ANTARA ETNIS TIONGHOA DENGAN MASYARAKAT SETEMPAT DI KECAMATAN BLANGPIDIE (Khairatul Ulya Mukhtar, 2017)

PROSES PEMBELAJARAN TARI TRADISIONAL LIKOK PULO PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP METHODIST BANDA ACEH (MEUTIA HESTI PALDANA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy