//

PEMAHAMAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP LAYANAN RESPONSIF DALAM UPAYA PENANGANAN MASALAH SISWA (PENELITIAN DI SMAN/SEDERAJAT SE-KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURUL KAMARI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Pemahaman, Guru BK, Layanan Responsif Penelitian yang berjudul “Pemahaman Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Layanan Responsif dalam Penanganan Masalah Siswa”, yang mengangkat masalah bagaimanakah tingkat pemahaman guru bimbingan dan konseling terhadap layanan responsif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman guru bimbingan dan konseling terhadap layanan responsif. Penelitian ini merupakan jenis penelititan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru BK di SMA/Sederajat Negeri di Banda Aceh yang berjumlah 32 orang dan semuanya dijadikan sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket kuesioner berbentuk pilihan ganda, yang kemudian dianalisis dengan metode distribusi frekuensi dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa lebih dari setengah (59,38%) guru BK memiliki tingkat pemahaman yang sedang terhadap layanan responsif dalam penanganan masalah siswa SMA/Sederajat di Kota Banda Aceh. Terbatasnya pemahaman guru BK disebabkan masih kurangnya komitmen dan motivasi guru BK dalam menjalankan kegiatan BK di sekolah untuk meningkatkan kualitas diri berkaitan dengan bimbingan dan konseling di sekolah. Hal tersebut menyebabkan guru BK terlalu pasif, kurang update dan kurang peduli dengan informasi terkini tentang BK serta tidak terlalu aktif dalam kegiatan BK yang diadakan oleh pemerintah melalui dinas terkait. Untuk itu, hendaknya guru BK dapat meningkatkan pemahamannya melalui seminar, workshop, pelatihan, diklat mengenai program layanan bimbingan dan konseling terutama layanan responsif dalam penanganan masalah siswa agar pelaksanaannya lebih baik dan optimal.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELAKSANAAN LAYANAN PEMINATAN OLEH GURU BIMBINGAN KONSELING DI SMA DALAM KURIKULUM 2013 (Muarrief Rahmat, 2015)

KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENGELOLAAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 17 KOTA BANDA ACEH (Khairiah, 2016)

MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PEMBINAAN SISWA PADA SMA DI KOTA SABANG (YUSRI, 2014)

UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILANKOMUNIKASI SISWA PADA SMPN KOTA BANDA ACEH (Riski Febriadi, 2018)

IMPLEMENTASI KETERAMPILAN DASAR LAYANAN KONSELING OLEH GURU BIMBINGAN DAN KONSELING (PENELITIAN DI SMAN DAN SMKN SE-KOTA BANDA ACEH) (HUSNUL MAWADDAH, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy