//

PROFIL PEDAGANG KORAN DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Irwandi - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Irwandi, 2011. Profil Pedagang Koran di Kota Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. T.M Jamil, M.Si., (2) Drs. Zakaria, M.Ed. Kata Kunci: Profil pedagang, koran, Kota Banda Aceh. Usaha dagang adalah kegiatan membeli dan menjual kembali barang atau jasa dengan tujuan mencari keuntungan, salah satu jenis pekerjaan yang termasuk sektor informal adalah penjual koran, menarik untuk dikaji profil pedagang koran yang ada di Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil, besarnya pendapatan, distribusi pendapatan, kehidupan sosial, dan tingkat pendidikan pedagang koran di Kota Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dalam bentuk survei. Subjek penelitian adalah penjual koran di Kota Banda Aceh dan objek yang dikaji adalah kegiatan dan lokasi jual koran dari subjek penelitian. Data primer bersumber dari penjual koran, sedangkan data sekunder bersumber dari instansi yang berkaitan dengan penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dituangkan kedalam bentuk pertanyaan, angket terbuka, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Dari analisis data tampilan data tersebut diinterprestasi dalam bentuk narasi yang menunjukkan kualitas dari gejala atau fenomena yang menjadi objek penelitian. Berdasarkan hasil analisis data, maka temuan penelitian ini dapat dikemukakan bahwa sebagian besar penjual koran mempunyai status ekonomi yang rendah, berpendidikan rendah dengan rentang usia antara 10 sampai 45 tahun. Aktivitas menjual koran dilakukan mulai pukul 06.30 sampai jam 10.00 WIB dengan rentang pendapatan berkisar antara Rp 20.000,- s/d Rp 40.000,-. Pendapatan tersebut dialokasikan untuk pemenuhan kebutuhan keluarga, kebutuhan pribadi dan untuk cicilan kredit. Secara sosial aktivitas penjual koran di persimpangan jalan Kota Banda Aceh dianggap mengganggu ketertiban lalulintas dan merusak keindahan kota. Terlepas dari hal tersebut, penjual koran merupakan supplier informasi dari media cetak kepada masyarakat. Simpulan penelitian ini adalah penjual koran di Banda Aceh memiliki status ekonomi dan tingkat pendidikan yang rendah, akibatnya mereka sulit mendapatkan jenis pekerjaan dengan pendapatan yang lebih baik. Rendahnya pendapatan penjual koran berdampak pada rendahnya status sosial mereka dalam bermasyarakat.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROFIL PEDAGANG KAKI LIMA DI PASAR LHOKSUKON, ACEH UTARA (Meri Thahara, 2016)

ANALISIS KEUNTUNGAN PEDAGANG GROSIR DAN PEDAGANG PENGECER PARFUM REFILL BERDASARKAN LOKASI DI KOTA BANDA ACEH (FHEJI ADE JUNISDA, 2015)

PEDAGANG KAKI LIMA DI PASAR PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH (SUATU TINJAUAN HISTORIS TAHUN 2003 - 2015) (Rizki Noviyuanda, 2018)

KONDISI SOSIAL EKONOMI PEDAGANG KAKI LIMA ILEGAL DI BANDA ACEH (Cildina mutiara, 2015)

ANALISIS PERSUASIF DALAM KOMUNIKASI PEDAGANG OBAT KELILING DI KOTA LANGSA (Rahmi Dwi Hidayanti, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy