//

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA PEMBELAJARAN TARI TRADISIONAL ACEH DI SMA NEGERI 1 SAKTI KABUPATEN PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FITRI ASMARNI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci : Model Pembelajaran, Explicit Instruction, Tari Tradisional Penelitian ini berjudul “Penggunaan model pembelajaran explicit instruction pada pembelajaran tari tradisional aceh di SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie”. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran tari tradisional dengan menggunakan model pembelajaran explicit instruction dan perbandingan peningkatan apresiasi serta motivasi siswa dengan penerapan model pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tari tradisional dengan menggunakan model pembelajaran explicit instruction dan mendeskripsikan perbandingan peningkatan apresiasi serta motivasi siswa antara sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen (eksperimen tunggal) yang bertujuan untuk mencoba menerapkan sebuah model yang baru dalam pembelajaran tari tradisional secara sistematis, faktual dan akurat. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes tulisan, tes unjuk kerja dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sakti, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas X-IPA3 dengan jumlah siswa 29 orang yang dijadikan sebagai kelas eksperimen sekaligus kelas kontrol dalam penelitian. Teknik pengambilan sampel adalah purposive atau sampel bertujuan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan statistik uji-t dengan taraf signifikan   0,05 . Dari perhitungan statistik tersebut, maka diperoleh t hitung = 36,7 sedangkan harga ttabel = 1,69. Hal ini berarti bahwa harga t hitung yang diperoleh dari hasil penelitian lebih besar dari pada harga t tabel , maka dalam analisis data diperoleh nilai 36,7>1,69, maka pembelajaran tari tradisional Aceh dengan menggunakan model pembelajaran explicit instruction lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran tari tradisional Aceh non explicit instruction. Dilihat dari nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen yang diperoleh dari hasil penilaian pretest/sebelum diberikan perlakuan dan penilaian postest/sesudah diberikan perlakuan yaitu 77,4 > 65,5. Dengan demikian maka penerapan model pembelajaran explicit instruction dalam pembelajaran tari tradisional Aceh lebik baik dibandingkan dengan penerapan model non explicit instruction dalam meningkatkan apresiasi serta motivasi siswa dalam mempelajari tari tradisional Aceh. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran explicit instruction lebih efektif dalam meningkatkan apresiasi serta motivasi siswa dalam materi tari tradisional Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA MATERI APRESIASI TARI TRADISIONAL DAERAH SETEMPAT DI SMPN 5 BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA (Isnaniah, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 7 BANDA ACEH (Maulizah, 2017)

PROSES PEMBELAJARAN SENI TARI PADA MATERI TARI KREASI GAYA TRADISIONAL DI KELAS VIII SMP NEGERI 19 PERCONTOHAN BANDA ACEH (CUT RAHMATILLAH, 2017)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN TARI RATEB MEUSEUKAT MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DI SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (Nabila, 2018)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGANMENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN YANG TIDAK MENGGUNAKAN MODEL DI KELAS VIII PADA MATERI SENI TARI KREASI “NIRMALA” DI SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (Lusiana, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy