//

PENGARUH SUBSITUSI LIMBAH FILTER ROKOK TERHADAP PARAMETER MARSHALL PADA CAMPURAN ASPHALT CONCRETE WEARING COURSE (AC-WC)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fuad Hasan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pembangunan jalan di Indonesia dalam tahap pelaksanaanya belum mampu sepenuhnya memenuhi kebutuhan transportasi, hal tersebut terindikasi dengan adanya kerusakan dini akibat dari peningkatan beban kendaraan dan perubahan iklim. Banyak usaha telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas campuran, salah satunya dengan menggunakan aspal modifikasi polimer. Filter rokok terbuat dari ribuan rantai polimer selulosa asetat, setelah dibuang ke lingkungan, filter rokok membuat masalah besar akan dampak lingkungan. Kandungan di dalam limbah filter rokok tersebut berupa polimer selulosa asitate yang memiliki sifat termoplastik, berikatan dengan plasticizers, tahan terhadap panas dan tekanan. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian aspal modifikasi polimer dengan mensubtitusikan limbah filter rokok ke dalam aspal. Pada penelitian ini limbah filter rokok disubtitusikan ke dalam aspal sebesar 1%, 2%, 3%, 4% dan 5%. Tujuan penelitian ini adalah dapat diketahuinya pemanfaatan limbah filter rokok sebagai upaya peningkatan mutu campuran aspal beton serta penghematan penggunaan aspal dan pengurangan limbah Hasil penelitian menunjukkan penggunaan limbah filter rokok yang semakin tinggi dalam campuran AC-WC semakin meningkatkan parameter Marshall, terutama nilai stabilitas dan MQ. Nilai stabilitas dan MQ tertinggi didapat pada campuran limbah filter rokok dengan persentase limbah filter rokok 4% dan kadar aspal 5,81% yaitu 3107,67 kg dan 112,81 kg/mm. Nilai density dan VMA tidak terjadi perubahan yang besar untuk semua substitusi variasi persentase limbah filter rokok. Nilai flow dan VFA mengalami penurunan seiring dengan peningkatan persentase limbah filter rokok, sedangkan nilai VIM cenderung meningkat. Untuk nilai durabilitas campuran AC-WC dengan dan tanpa substitusi variasi persentase limbah filter rokok telah memenuhi persyaratan yaitu > 90%. Kata kunci : Campuran AC-WC, Aspal Modifikasi Polimer, Selulosa Asitate, dan Limbah Filter Rokok.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI PENGARUH PENGGUNAAN LIMBAH KERAK TANUR CANGKANG SAWIT SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN AGREGAT HALUS PADA CAMPURAN BETON ASPAL (BAHAN PENGIKAT RETONA BLEND 55) (CHAIRA, 2016)

KAJIAN CAMPURAN AGREGAT KASAR YANG BERBEDA ABRASI TERHADAP PARAMETER MARSHALL MENGGUNAKAN ASPAL PEN 60 / 70 UNTUK LASTON AC-WC(STUDI KASUS:RN(AGREGAT KAB, GAYO LUES DAN AGREGAT KAB, ACEH UTARA) (SUHERRY, 2014)

PENGARUH SUBSTITUSI BUTON ROCK ASPHALT (BRA) DAN POLIMER ETHYLINE VINYL ACETATE (EVA) TERHADAP RENDAMAN AIR BANJIR BERLUMPUR (Asrol, 2018)

PENGUKURAN KOEFISIEN SERAPAN MASSA (μM) FILTER ROKOK KOMERSIAL MENGGUNAKAN DETEKTOR GEIGER-MULLER (Sitti Hadaina, 2016)

KARAKTERISTIK PENGGUNAAN PARUTAN BAN DALAM BEKAS TERHADAP CAMPURAN BETON ASPHALT CONCRETE BINDER COURSE (AC-BC) DENGAN CARA KERING (DRY PROCESS) (FARACH DINA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy