//

EVALUASI PENGGUNAAN HUMAN SERUM ALBUMIN (HSA) DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Farras Amany Husna - Personal Name

Abstrak/Catatan

Evaluasi penggunaan Human Serum Albumin (HSA) di ruang rawat inap penyakit dalam RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh telah dilakukan untuk mengetahui prevalensi, variasi, rata-rata lama penggunaan HSA, dan dampak pemberian HSA dalam memperbaiki kadar albumin pasien. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang dilakukan secara retrospektif terhadap 94 pasien yaitu pasien rawat inap penyakit dalam di ruang Mamplam 1 dan Mamplam 2 yang menerima terapi HSA periode Oktober-Desember 2015. Data dalam penelitian ini diperoleh dari rekam medis pasien. Karakteristik pasien dalam penelitian ini terdiri dari 38 pasien laki-laki dan 56 pasien perempuan dengan rentang umur 19-39 tahun (18,09%), 40-59 tahun (43,62%), dan ≥ 60 tahun (38,30%). Sebagian besar pasien dalam penelitian ini dirawat selama lebih dari 9 hari (70,22%). Sebanyak 95,74% pasien yang menerima terapi HSA didiagnosa memiliki ≥ 5 penyakit. Prevalensi penggunaan HSA keseluruhan pasien yang dirawat di Mamplam 1 dan Mamplam 2 periode Oktober-Desember 2015 yaitu sebesar 21,17%. Variasi penggunaan produk HSA tertinggi yaitu Plasbumin® 25% sedangkan yang terendah yaitu Plasbumin® 20%. Rata-rata lama penggunaan HSA pada pasien rawat inap adalah 5 hari dengan penggunaan paling singkat yaitu 1 hari dan penggunaan paling lama yaitu 16 hari. Persentase indikasi penggunaan HSA terbesar yaitu pada kasus sepsis (36%) dan kasus sirosis hati (14%). Hasil evaluasi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas pasien mengalami peningkatan kadar albumin setelah diterapi dengan HSA, hal ini ditunjukkan dengan persentasenya yang tinggi yaitu sebesar 56,38%. Sehingga dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian terapi HSA pada sebagian besar pasien memberikan dampak positif terhadap perbaikan kadar albumin. Kata kunci: Human Serum Albumin (HSA), produk HSA, kadar albumin

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI EFEKTIVITAS TERAPI HUMAN SERUM ALBUMIN (HSA) PADA PASIEN PASCA BEDAH YANG DIRAWAT DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Arista Maulida, 2018)

HUBUNGAN KADAR ALBUMIN SERUM DENGAN KEKUATAN OTOT GENGGAMAN PADA PASIEN KANKER DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Tharifa Nabila, 2017)

EVALUASI PENGGUNAAN ANTIBIOTIK MENGGUNAKAN METODE GYSSENS PADA PASEIN INFEKSI ULKUS KAKI DIABETIK DI RUANG RAWAT INAP RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (DESI JANNATI, 2018)

)PROFIL PENDERITA DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DAN DEMAM DENGUE (DD) DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH PERIODE JANUARI – DESEMBER 2012 (Ratih Putri Rahayu, 2013)

PENGARUH TINGKAT KEJENUHAN KERJA SHIFT MALAM TERHADAP TINGKAT KEKEBALAN STRES DOKTER MUDA YANG MENJALANI KEPANITERAAN KLINIK SENIOR DI RUANG RAWAT INAP RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN (Muhammad Aulia Kurniawan, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy