//

PERILAKU IBU-IBU RUMAH TANGGA DALAM BERBUSANA UNTUK ACARA PESTA PERKAWINAN DI KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YUSLINA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Perilaku, Ibu-Ibu, Busana Pesta Perkawinan Penelitian yang berjudul “Perilaku Ibu-Ibu Rumah Tangga Dalam Berbusana Untuk Acara Pesta Perkawinan Di Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar” ini mengangkat masalah bagaimana perilaku ibu-ibu rumah tangga di Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar dalam menggunakan busana saat menghadiri undangan pesta perkawinan. Dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku ibu-ibu rumah tangga dalam menggunakan busana pesta perkawinan, mengetahui sikap dalam pemilihan model, bahan dan warna, kemudian sikap dalam pemilihan aksesoris dan milineris sebagai pelengkap pada busana pesta perkawinan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian berjumlah 51 KK yang diperoleh berdasarkan teknik sistematis sampling dan tehnik analisis data dengan menyebarkan angket di hitung berdasarkan alternatif jawaban sampel dengan menggunakan skala likert. Pengolahan data di lakukan dengan menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu-ibu rumah tangga yang berada di Kecamatan Kuta Baro Aceh Besar menggunakan busana saat menghadiri acara pesta perkawinan pada umumnya memakai busana serba mewah beserta dengan aksesori dan milineris yang berlebihan. Dalam memilih model, bahan dan warna busana pada umumnya mereka memilih model yang sopan dan menutup aurat walaupun bahan yang digunakan tergolong mahal, adapun faktor yang mempengaruhi penggunaan busana pesta perkawinan meliputi faktor sosial, yang mendominasi faktor sosial (eksternal) dan kepribadian berdasarkan dari rasa yang timbul berkeinginan untuk memiliki sesuatu (internal). Disarankan dengan adanya penelitian ini masyrakat terutama ibu-ibu rumah tangga memperbaiki cara berbusana untuk tidak menggunakan busana yang berlebihan karena dalam Islampun tidak dibolehkan karena suatu yang berlebih-lebihan dianggap mubazir.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERILAKU SADAR GIZI IBU RUMAH TANGGA DI DESA SERBAGUNA KECAMATAN DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (Nova DianSari EkaNingsih, 2016)

HUBUNGAN PERILAKU PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK TERHADAP KEBERADAAN JENTIK RNAEDES AEGYPTIPADA MASYARAKAT RNDI KECAMATAN KUTA BARO RNKABUPATEN ACEH BESAR (DESSY ELFIANA, 2014)

DESKRIPSI PENGETAHUAN IBU RUMA TANGGA DENGAN PRILAKU TINDAKAN PENGELOLAAN KEBERSIHAN LINKUNGAN PEKARANGAN RUMAH DI GAMPONG TEUNGOH SEULEUMAK KECAMATAN MATANG KULI KABUPATEN ACEH UTARA (asmaul husna, 2014)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU IBU RUMAH TANGGA DALAM UPAYA PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI GAMPONG BEURINGIN KECAMATAN LHOKSUKON KABUPATEN ACEH UTARA (Ira Agustina, 2013)

PERSEPSI DAN PERILAKU SADAR GIZI IBU RUMAH TANGGA DI KECAMATAN SETIA BAKTI KABUPATEN ACEH JAYA (Irna Juwita, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy