//

PENGARUH KATALIS MAGNETITE (FE3O4) BERBASIS BAHAN ALAM TERHADAP TEMPERATUR DESORPSI MGH2 UNTUK APLIKASI MATERIAL PENYIMPAN HIDROGEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MAULINDA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Teknologi energi masa depan pada penyimpanan media hidrogen yang aman salah satunya menggunakan hidrida logam. Metal hidrida merupakan media penyimpanan hydrogen yang aman dan efisien untuk aplikasi kendaraan. Hidrida logam telah menjadi riset penelitian yang intensif pada saat ini karena aplikasi untuk penyimpanan hydrogen memiliki potensi kapasitas yang tinggi baik dalam massa dan volume. Namun dari termodinamika properties magnesium hidrida (MgH2) didapatkan tempertaur yang relatif tinggi, yang diperlukan selama reaksi desorpsi hidrogen sekitar (300o C – 415oC pada 1 bar). Temperatur desorpsi yang tinggi disebabkan stabilitas termodinamika MgH2 yang tinggi sehingga menghasilkan entalpi desorpsi yang tinggi pula (sekitar 74 KJ/Mol H2). Selain itu dibutuhkan waktu yang lama (secara umum 60 jam) untuk benar benar merubah magnesium menjadi Magnesium hidrida. Dalam penelitian ini bahan alam (pasir besi) yang telah di ekstrak menjadi serbuk Fe3O4 dijadikan katalis sebagai upaya untuk memperbaiki sifat sifat serapan dan kinetika reaksi material penyimpan hydrogen berbasis Material utama yakni MgH2 dengan menyisipkan katalis material magnetit Fe3O4. Magnetit (Fe2O3) telah berhasil di ekstraksi dari pasir besi dengan kemurnian 85%, dimana kemurnian pasir besi sebelum di ekstrak yaitu 81%. Sampel MgH2-Fe3O4 di milling menggunakan metode mechanical alloying dengan variasi katalis dan waktu milling. Hasil pengamatan dengan XRD menunjukkan material berhasil direduksi hingga skala nanokristal. Fasa yang muncul MgH2 sebagai fasa utama. Hasil pengujian DSC menunjukkan dengan adanya penambahan Fe3O4 temperatur desorpsinya dapat direduksi hingga 366oC. hasil ini berhasil memperbaiki Tonset MgH2 murni yang mencapai 409o C. Sedangkan berdasarkan pengujian gavimetrik pelepasan hydrogen terjadi pada temperatur 388o C, sebesar 0.66 mg pada waktu 16 menit. Kata Kunci : Hidrida logam, magnesium, mechanical alloying, katalis ,milling.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KATALIS MAGNETITE (FE3O4) BERBASIS BAHAN ALAM TERHADAP TEMPERATUR DESORPSI MGH2 UNTUK APLIKASI MATERIAL PENYIMPAN HIDROGEN (MAULINDA, 2016)

STUDI PENGARUH KATALIS SIO2 DARI PASIR KUARSA TERHADAP TEMPERATUR DESORPSI MATERIAL PENYIMPANAN HIDROGEN BERBASIS MGH2 (INDAH ANGGREINI AKBAR, 2016)

STUDI PENGGUNAAN NI DAN SIC PADA MATERIAL PENYIMPAN HIDROGEN PADAT BERBASIS MGH2 (Karmila Sari, 2018)

STUDI PENGARUH WAKTU MILLING TERHADAP TEMPERATUR DESORPSI MATERIAL PENYIMPANAN HIDROGEN BERBASIS MGH2 YANG DIADISI KATALIS SIO2 DARI PASIR KUARSA (MIRZA ARJUNI SINAGA, 2016)

EKSTRAKSI MAGNETIT (FE3O4) DARI PASIR BESI PANTAI SYIAH KUALA BANDA ACEH DAN PENYISIPANNYA DALAM MAGNESIUM HIDRIDA (MGH2) MENGGUNAKAN METODEMECHANICAL MILLING (Nurul Najmi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy