//

KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DALAM NOVEL BIDADARI HITAM KARYA T.I. THAMRIN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dewi Fitriani - Personal Name
SubjectNOVELS
VIOLENCE - LITERATUR
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Dewi Fitriani. 2016. “Kekerasan terhadap Perempuan dalam Novel Bidadari Hitam Karya T.I.Thamrin”. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Pembimbing (1) Dr. Wildan, M.Pd., Pembimbing (2) Dr.Ramli, M.Pd. Kata Kunci: Kekerasan terhadap Perempuan, Novel Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis bentuk dan dampak tindak kekerasan terhadap tokoh perempuan dalam novel Bidadari Hitam karya T.I. Thamrin. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Sumber data adalah novel Bidadari Hitamkarya T.I. Thamrin. Data yang dijadikan objek dalam penelitian ini adalah kata-kata, kalimat, dan dialog pada sumber data yang mendeskripsikanbentuk-bentuk kekerasan dan dampak tindak kekerasan yang dialami tokoh perempuan. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bentuk-bentuk kekerasan terhadap perempuan dalam novel Bidadari Hitam karya T.I.Thamrin adalah kekerasan fisik, kekerasan psikis, kekerasan seksual, dan kekerasan ekonomi; (2) Dampak dari tindak kekerasan yang dialami tokoh perempuan yaitu fatal dan nonfatal. Dampak yang tergolong fatal meliputi bunuh diri dan pembunuhan. Selanjutnya, dampak yang tergolong nonfatal meliputi cedera fisik, gangguan reproduksi, gangguan psikologis, gangguan kronis, dan gangguan perilaku. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kekerasan terhadap perempuan terjadi berulangulang pada korban dan keluarganya sehingga mengakibatkan penderitaan dan kesengsaraan yang berkepanjangan. Di samping itu, konflik bersenjata yang terjadi di Aceh pada tahun 1989-2001 menambah kuantitas kekerasan yang dilakukan oleh aparat keamanan (TNI/POLRI) maupun GAM dan warga sipil. Semua kekerasan tersebut tidak dapat diterima oleh tokoh-tokoh perempuan baik secara psikis maupun batin.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

CITRA TOKOH PEREMPUAN DALAM NOVEL BIDADARI KARYA PIPIET SENJA (Rizkha Surya Ningsih, 2015)

KARAKTER MASYARAKAT ACEH DALAM NOVEL-NOVEL ACEH ERA 2000-AN (Hendra Kasmi, 2015)

KEPRIBADIAN TOKOH PEREMPUAN DALAM NOVEL BERTEMAKAN KONFLIK ACEH PERIODE 2004-2011 (PERSPEKTIF PSIKOANALISIS SIGMUND FREUD) (Mimi Suhaimi, 2016)

HUBUNGAN KECEMBURUAN DENGAN PERILAKU DATING VIOLENCE PADA REMAJA AKHIR DI BANDA ACEH (Putri Mawadhatul F, 2017)

ANALISIS PESAN MORAL BERDASARKAN STRATIFIKASI SOSIAL TOKOH DALAM NOVEL-NOVEL KARYA ARAFAT NUR (ZAHRA NURUL LIZA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy