//

PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUIPENDEKATAN METAKOGNITIF

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ainuna Fasha - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
TEACHING METHODS
STUDY METHODS
STUDY SKILLS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Ainuna Fasha (2016). Peningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Metakognitif Kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis merupakan dua aspek berpikir kompleks yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu perlu adanya pendekatan pembelajaran yang tepat guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis siswa. Salah satu pendekatan yang dapat meningkatkan kemampuan ini adalah pendekatan keterampilan metakognitif. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan keterampilan metakognitif dan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test post-test control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 3 Banda Aceh dengan mengambil sampel dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui teknik purposive sampling dari enam kelas yang tersedia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes yaitu tes kemampuan pemecahan masalah dan tes berpikir kritis matematis siswa. Untuk melihat adanya perbedaan kemampuan siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol digunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan penggunaan pendekatan keterampilan metakognitif dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan berpikir kritis siswa, serta terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan peringkat siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata Kunci: Pendekatan metakognitif, Pemecahan masalah, Berpikir kritis

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM POSING. (Rifaatul Mahmuzah, 2014)

METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014)

IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH UNTUKRNMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF RNDAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP (Jumiati, 2014)

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Lia Fitria, 2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (Muhammad Ridha, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.