//

PENGUJIAN DISPOSITION EFFECT TERHADAP MOMENTUM PADA PERUSAHAAN SEKTOR JASA DI BURSA EFEK INDONESIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang LADY FEBRIANTY RAMADHANI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah perilaku disposition effect dapat mendorong terjadinya momentum pada investor di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan melakukan penelitian pada perusahaan sektor jasa sebagai sampel selama tahun 2012-2015. Penelitian ini menggunakan data cross section untuk menghitung nilai dari 6 variabel independen masing-masing yaitu: past cumulative short return, past cumulative intermediate return, past cumulative long return, average weekly turnover, market capitalization, serta capital gain overhang dari perusahaan sektor jasa sebanyak 140 perusahaan. Dimana capital gain overhang merupakan variabel penting yang dapat menjelaskan keberadaan perilaku disposition effect yang dapat memicu terjadinya momentum. Penelitian ini menggunakan model regresi linear berganda untuk melihat hubungan dari keenam variabel independen tersebut terhadap variabel dependennya yaitu return mingguan, sehingga pada akhirnya dari hasil yang diperoleh dapat mengidentifikasi apakah terdapat penerapan momentum dan apakah perilaku disposition effect dapat memicu terjadinya momentum di Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku disposition effect dapat mendorong terjadinya momentum di Bursa Efek Indonesia. Dengan adanya perilaku disposition effect maka menunjukkan bahwa keadaan dari Bursa Efek Indonesia tidak sepenuhnya efisien. Hal tersebut dikarenakan masih terdapat anomaly pasar yang menyimpang dari teori pasar efisien yang ditandai dengan perilaku irrasional dari investor. Kata Kunci: Disposition Effect, Momentum, Capital Gain Overhang.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGUJIAN DISPOSITION EFFECT DI BURSA EFEK INDONESIA (STUDI PADA PERUSAHAAN INDUSTRI MANUFAKTUR) (WULANDARI, 2016)

ANALISIS ANCHORING EFFECT PADA PERILAKU PERDAGANGAN MOMENTUM INVESTOR INSTITUSI ASING PADA PERUSAHAAN INDUSTRI MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA (NURISKY WAHYUNA, 2016)

PENGUJIAN PROFIT PADA MOMENTUM PORTOFOLIO SAHAM INDUSTRI MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA (Maria Ulfa Lubis, 2016)

PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP EFISIENSI BANK UMUM YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (Safwan, 2018)

PENGARUH PEMBAYARAN DIVIDEN, PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP CASH HOLDINGS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (HAFIDHAH, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy