//

PROFIL GURU IDEAL DALAM RANGKA PENGEMBANGAN KARAKTER BANGSA PADA SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI 7 SYAMTALIRA BAYU KABUPATEN ACEH UTARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Juaini Sulaiman - Personal Name
SubjectTEACHERS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Guru Ideal, Karakter Bangsa. Penelitian ini mengkaji tentang: Profil Guru Ideal dalam rangka Pengembangan Karakter Bangsa pada Sekolah Dasar (SD) Negeri 7 Syamtalira Bayu Kabupaten Aceh Utara. Rumusan masalah: (1) Profil guru ideal sebagai agen pembelajaran ?, (2) Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa oleh guru dalam proses pembelajaran ?, dan (3) Hambatan yang dialami oleh guru dalam pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa dalam proses pembelajaran? Tujuan penelitian: (1) Mengetahui profil guru ideal sebagai agen pembelajaran, (2) Mengetahui pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa oleh guru dalam proses pembelajaran, dan (3) Mengetahui hambatan yang dialami oleh guru dalam pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa dalam proses pembelajaran. Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek adalah 4 orang guru. Instrumen penelitian adalah wawancara, selanjutnya data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian: (1) Pada umumnya guru sudah mengetahui tugas utamanya adalah mengajar, melatih, dan membimbing siswa, (2) Dalam upaya mengembangkan pendidikan budaya dan karakter bangsa dalam proses pembelajaran dilakukan dengan melakukan membimbing siswa secara maksimal, dan (3) Hambatan guru dalam pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa kepada peserta didik dalam proses pembelajaran pada umumnya berasal dari siswa itu sendiri. Simpulan: (1) Profil guru ideal adalah yang mengetahui tugas utamanya sebagai guru dalam mengajar, melatih, dan membimbing siswa agar menjadi warga negara yang memiliki budaya dan karakter bangsa yang sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma Pancasila, (2) Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa oleh guru dalam proses pembelajaran dilakukan dengan melakukan bimbingan maksimal terhadap siswa, terutama dalam hal penanaman nilai-nilai budaya dan karakter bangsa yang sesuai dengan Pancasila, sehingga siswa dapat menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab sesuai dengan tujuan utama dari Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), dan (3) Hambatan guru dalam pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa kepada peserta didik dalam proses pembelajaran adalah lebih bersifat eksternal, yaitu berasal dari siswa itu sendiri yang kurang disiplin, malas, dan tidak bertanggungjawab. Saran: (1) Kepada pemerintah dan masyarakat diharapkan agar dapat mendukung berbagai upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengembangkan pendidikan budaya dan karakter bangsa, sehingga peserta didik dapat menjadi warga negara yang baik dan (2) Kepada guru diharapkan agar dapat meningkatkan proses pembelajarannya dalam rangka upaya mengembangkan pendidikan budaya dan karakter bangsa kepada peserta didik dalam proses pembelajaran.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KETERAMPILAN BERMAIN SEPAKBOLA PADA SISWA SD NEGERI 6 SYAMTALIRA BAYU KABUPATEN ACEH UTARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (YUSRIMUDDIN, 2014)

EVALUASI KETERAMPILAN BERMAIN TENIS MEJA PADA SISWA SMP NEGERI 1 SYAMTALIRA BAYU KABUPATEN ACEH UTARA RNTAHUN PELAJARAN 2013/2014 (MAUL HAYATI, 2015)

PELAKSANAAN PROGRAM UKS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 KOTA FAJAR KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Zahimuddin, 2015)

PEMBIAYAAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA SMP NEGERI 1 SYAMTALIRA BAYU KABUPATEN ACEH UTARA (Herman, 2018)

PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SD NEGERI 43 BANDA ACEH (GISA SAKASIRANA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy