//

PEMURNIAN DAN UJI STABILITAS ANTIBIOTIK GOLONGAN POLIPEPTIDA DARI ISOLAT PRIA LAOT SABANG A

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Eti Purwanti - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pemurnian dan uji stabilitas antibiotik dari bakteri termo-halofilik isolat PLS A telah dilakukan untuk mempelajari stabilitas antibiotik dalam menghambat pertumbuhan bakteri uji. Hasil uji golongan menunjukkan bahwa antibiotik dari isolat PLS A termasuk golongan polipeptida. Hasil uji aktivitas supernatan terhadap E. coli dan S. aureus masing-masing memberikan zona hambat sebesar 10 mm, sedangkan fraksi n-heksana menghambat E. coli dan S. aureus masing-masing sebesar 11,5 mm. Hasil pemisahan dengan SDS-PAGE menunjukkan antibiotik ini memiliki berat molekul ±8 KDa. Antibiotik dari isolat PLS A yang sudah dimurnikan dengan metode filtrasi gel menunjukkan aktivitas terbesar setelah disimpan selama 2 jam pada suhu 4°C dengan besar zona hambat masing-masing 13,25 mm untuk E. coli dan S. aureus, serta 9,5 mm untuk bakteri termofilik isolat Jaboi. Antibiotik ini juga lebih stabil pada pH netral, dan mampu menghambat pertumbuhan E. coli, S. aureus dan isolat Jaboi berturut-turut sebesar 11,5 mm, 11,25 mm, dan 8,75 mm. Selain itu, antibiotik yang dihasilkan diketahui memiliki kelarutan yang lebih tinggi pada pelarut nonpolar (asetonitril) dalam menghambat pertumbuhan E. coli, S. aureus dan isolat Jaboi, dan menunjukkan berturut-turut sebesar 13,25 mm, 13 mm, dan 8,75 mm. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa antibiotik yang dihasilkan isolat PLS A memiliki kestabilan yang lebih tinggi pada penyimpanan suhu rendah (4°C), pH netral (7), dan pelarut nonpolar (asetonitril). Kata kunci : PLS A, antibiotik polipeptida, stabilitas antibiotik, kromatografi gel, termofilik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SKRINING ANTIBIOTIK DAN IDENTIFIKASI GEN 16S RRNA DARI BAKTERI TERMO-HALOFILIK ISOLAT PRIA LAOT SABANG (PLS) 76 (Amelya Yolanda, 2018)

IDENTIFIKASI SENYAWA ANTIBIOTIK GOLONGAN β-LAKTAM DAN POLIPEPTIDA DARI ISOLAT PLS 80 DAN PLS A (Chairun Nisak, 2016)

PURIFIKASI DAN KARAKTERISASI ANTIBIOTIK GOLONGAN β-LAKTAM DARI ISOLAT PRIA LAOT SABANG 80 (Yusniar, 2016)

STATUS KLOROFIL-A DI TELUK PRIA LAOT SABANG (M. Ishaq, 2017)

SKRINING DAN OPTIMASI PRODUKSI PROTEASE DARI MIKROORGANISME TERMOFILIK DAN HALOFILIK ISOLAT LOKAL PRIA LAOT SABANG (Atikah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy