//

PENERAPAN ALGORITMA PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (PSO) UNTUK MENGOPTIMALKAN PENYUSUNAN JADWAL PERKULIAHAN SECARA OTOMATIS (STUDI KASUS JURUSAN INFORMATIKA UNSYIAH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Widya Alief - Personal Name
Fakultas Fakultas mipa
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Penyusunan jadwal mata kuliah merupakan suatu permasalahan yang kompleks. Hal ini dikarenakan terdapat sangat banyak kemungkinan yang selayaknya dicoba untuk menemukan penjadwalan yang terbaik. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, penggunaan metode pengoptimalan sangat dianjurkan. Pada penelitian ini, metode pengoptimalan yang digunakan dalam penyusunan jadwal perkuliahan adalah algoritma Particle Swarm Optimization (PSO) dengan studi kasus Jurusan Informatika (JIF), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH). Tujuan penelitian ini adalah mengimplementasikan algoritma PSO dalam penjadwalan mata kuliah sesuai studi kasus, menganalisis perbandingan hasil penjadwalan mata kuliah berdasarkan perbedaan urutan mata kuliah pada file input ¬mata kuliah, dan menganalisis perbandingan hasil penjadwalan dengan menggunakan kecepatan awal setiap partikel bernilai nol dan nilai selain nol. Perbedaan urutan mata kuliah pada file input dilakukan berdasarkan tingkatan semester perkuliahan, besar SKS mata kuliah secara descending order, dan frekuensi dari setiap pengajar dalam mengampu mata kuliah secara descending order. Hasil analisis menunjukkan bahwa jadwal kuliah dapat dihasilkan jika file input mata kuliah teori berisikan mata kuliah dengan urutan berdasarkan jumlah mata kuliah pada tingkat semester dan kelas yang sama atau frekuensi dari setiap pengajar dalam mengampu mata kuliah secara descending order. Sementara itu, file input untuk mata kuliah praktikum berisikan mata kuliah dengan urutan berdasarkan bidang minat mata kuliah, frekuensi dari setiap pengajar dalam mengampu mata kuliah, dan jumlah mata kuliah berdasarkan tingkat semester yang sama secara descending order. Kemudian, dalam penyusunan jadwal perkuliahan tidak ada pengaruh antara penggunaan nilai kecepatan awal setiap partikel nol dengan selain nol. Dengan demikian, berdasarkan hasil analisis di atas, algoritma PSO dapat diterapkan dan layak untuk penyusunan jadwal perkuliahan di JIF, FMIPA, UNSYIAH. Kata kunci: Particle Swarm Optimization, penjadwalan, mata kuliah, file input, kecepatan awal

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

APLIKASI PENETAPAN KEPUTUSAN PADA PENYUSUNAN JADWAL PERKULIAHAN SECARA ONLINE (rikki satria, 2013)

KAJIAN PENJADWALAN PERKULIAHAN SISTEM POST-ENROLLMENT DALAM IMPLEMENTASI ALGORITMA INTEGER PROGRAMMING 0 DAN 1 (STUDI KASUS PROGRAM STUDI MATEMATIKA FMIPA UNSYIAH) (REZA AULIA, 2018)

IMPLEMENTASI ALGORITMA ANT COLONY SYSTEM PADA OPTIMALISASI PENDISTRIBUSIAN KORAN DI WILAYAH BANDA ACEH (STUDI KASUS: DISTRIBUSI KORAN SERAMBI INDONESIA) (Riska Mulyana, 2016)

OPTIMISASI RUTE PARIWISATA KOTA BANDA ACEH DAN ACEH BESAR DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA ANT COLONY OPTIMIZATION (Durisman, 2017)

ANALISIS PENERAPAN KOMBINASI ALGORITMA BAKER MAP DAN LOGISTIC MAP PADA KRIPTOGRAFI CITRA DIGITAL (Zulia Maulina, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy