//

ANALISIS WACANA KRITIS BERITA PENCALONAN MUZAKIR MANAF PADA PILKADA ACEH 2017 DI MEDIA HARIAN SERAMBI INDONESIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Saifannur - Personal Name

Abstrak/Catatan

Menjelang pilkada Aceh 2017, nama-nama calon yang akan berkompetisi mulai mencuat ke permukaan. Diantara nama-nama tersebut muncul nama Wakil Gubernur Aceh periode 2012-2016, Muzakir Manaf. Namun berbeda dengan Pilkada sebelumnya, Muzakir Manaf akan berkompetisi sebagai calon Gubernur dari Partai Aceh pada Pilkada Aceh 2017. Media lalu menyorot berita calon- calon yang akan berkompetisi pada Pilkada Aceh 2017 sebagai berita yang menarik. Hanya saja intensitas pemberitaan Mualem sebagai calon Gubernur pada Pilkada Aceh 2017 amat tinggi dibandingkan nama-nama calon lainnya. Lantas apakah media secara netral menilai pencalonan ini sebagai bagian dari proses demokrasi yang sedang berlangsung di Aceh, atau media memang secara sengaja menggiring opini publik untuk kemenangan beliau. Permasalahannya adalah bagaimana berita pencalonan Muzakir Manaf pada Pilkada Aceh 2017 ditampilkan dalam Harian Serambi Indonesia. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan analisis wacana model Theo van Leeuwen. Sampel yang digunakan peneliti berjumlah enam berita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berita pencalonan Muzakir Manaf pada Pilkada Aceh 2017 ditampilkan dalam Harian Serambi Indonesia cukup objektif karena sesuai fakta pemberitaan. Media Harian Serambi Indonesia dominan menggunakan strategi wacana inklusi objektivasi-abstraksi. Melalui strategi abstraksi teks mengeneralisasi dengan menggunakan kalimat tertentu yang dapat mengecoh penilaian pembaca. Disarankan bagi pewarta berita Harian Serambi Indonesia, untuk meningkatkan kualitas pemberitaan politik, untuk lebih adil memberitakan kandidat-kandidat yang akan bertarung pada Pilkada Aceh 2017. Masyarakat sebagai pembaca berita Harian Serambi Indonesia harus kritis sehingga tidak terbawa oleh generalisasi media tersebut Kata Kunci : Muzakir Manaf, Harian Serambi Indonesia, Pilkada Aceh 2017

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSIMAHASISWAILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA TERHADAP PENCALONAN MUZAKIR MANAF SEBAGAI CALON GUBERNUR ACEH PADAPILKADA TAHUN2017 (T. EVAN AQSHAR, 2016)

REPRESENTASI AGENDA MEDIA DALAM SURAT KABAR LOKAL (ANALISIS WACANA PEMBERITAAN KABUT ASAP PADA SERAMBI INDONESIA) (Muhammad Roestian Fahmi Nasution, 2016)

PEMBERITAAN KLAIM TARI TORTOR DAN GORDANG SAMBILAN SEBAGAI WARISAN BUDAYA MALAYSIA PADA HARIAN WASPADA (STUDI ANALISIS WACANA KRITIS PADA HARIAN WASPADA) (Ali Mumin Harahap, 2014)

PERBANDINGAN STRATEGI POLITICAL MARKETING PASANGAN IRWANDI YUSUF - NOVA IRIANSYAH DENGAN MUZAKIR MANAF - TA KHALID PADA PILKADA ACEH 2017 (ANDRI SUSARNO, 2018)

FAKTOR-FAKTOR KEMENANGAN MUZAKIR MANAF-TA KHALID DALAM PEMILIHAN GUBERNUR ACEH PADA PILKADA TAHUN 2017 DI ACEH SELATAN (Muhammad Luthfi, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy