//

KAJIAN KELAYAKAN EKONOMI PENYELESIAN PEMBANGUNAN JALAN ELAK DI KABUPATEN ACEH UTARA (STUDI KASUS : JALAN ELAK KRUENG MANE - BUKETRATA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Amirullah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Jalan nasional di Kabupaten Aceh Utara sangat padat, terutama ruas jalan yang melalui Proyek Vital Lhokseumawe dan sekitarnya yang sekarang disebut Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lhokseumawe. Karena itu dibangunlah jalan elak mulai dari Krueng Mane sampai Buketrata sepanjang 32 Km, tetapi pembangunan ruas jalan elak ini belum selesai pebangunannya, terutama pada STA 14+750 s/d STA 21+400. Tujuan penelitian ini untuk menentukan nilai waktu dan Biaya Operasional Kendaraan (BOK); pengaruh proyek ruas jalan elak terhadap kegiatan pertanian, peternakan; dan kelayakan ekonomi dari aspek Benefit Cost Ratio (BCR), Net Present Value (NPV), Economic Internal Rate of Return (EIRR). Penelitian ini menggunakan metode produktifitas untuk menghitung nilai waktu, dan metode Pacific Consultant International untuk menghitung BOK; Metode Producer Surplus digunakan untuk menentukan efek peningkatan jalan elak terhadap pertanian dan peternakan; dan Metode Bina Marga digunakan untuk menentukan Kelayakan ekonomi berdasarkan BCR, NPV, EIRR. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Volume lalu lintas harian rata-rata tahunan (LHRT) pada jalan alternatif didapat 9.583 kend/hari pada tahun 2017; Selisih nilai waktu total yang diperoleh sebesar Rp87.788,-/kendaraan dan selisih BOK adalah Rp3.289,- /kendaraan; Pertanian diperoleh selisih keuntungan Rp44.429.127.750,-/musim tanam, peternakan selisih penerimaan bersih didapat Rp420.250.000,-; dan Kelayakan ekonomi pembangunan jalan Elak di Kabupaten Aceh Utara didapat pada tahun 2026. Nilai EIRR yang diperoleh yaitu pada discount rate 17,40%, ini menunjukkan bahwa pembangunan jalan elak/alternatif sangat layak untuk dilaksanakan dengan suku bunga pinjaman bank sampai dengan 17,40%. Kata Kunci : Jalan elak, Aceh Utara, Nilai waktu, BOK, Producer surplus, Kelayakan ekonomi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KELAYAKAN EKONOMI PEMBANGUNAN JALAN KRUENG MEUSAGOP – TEUPIN MANE (BIREUEN) DITINJAU DARI ASPEK CONSUMER SURPLUS (AFRIZAL, 2018)

KELAYAKAN EKONOMI RENCANA PEMBANGUNAN JALAN KRUENG MEUSAGOP – TEUPIN MANE DARI ASPEK PRODUCER SURPLUS (MARWAN, 2018)

KAJIAN KELAYAKAN EKONOMI PEMBANGUNAN JALAN BATAS KOTA TAPAKTUAN – BAKONGAN (Khuzaifah, 2017)

KAJIAN KELAYAKAN EKONOMI PENINGKATAN JALAN BENER MERIAH – SP. KRUENG GEUKUEH (Irwin, 2017)

ANALISA KINERJA JALAN YANG DIPENGARUHI FAKTOR PERTUMBUHAN KENDARAAN(STUDI KASUS JALAN ELAK PAYA TUMPI - TAN SARIL KAB. ACEH SELATAN) (Mirja Taayama Sinaga, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy