//

GAMBARAN RELASI MOLAR KEDUA SULUNG PADA ANAK-ANAK USIA PRASEKOLAH (STUDI PADA EMPAT TK NEGERI KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SOLEHA RAHAYU - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Sholeha Rahayu Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi Fakultas : Kedokteran Gigi Judul : Gambaran Relasi Molar Kedua Sulung pada Anak-anak Usia Prasekolah (Studi pada Empat TK Negeri Kota Banda Aceh) Relasi molar kedua sulung disebut juga dengan terminal plane yaitu relasi mesio-distal antara permukaan distal molar kedua sulung rahang atas dan rahang bawah yang dinilai ketika gigi sulung berada dalam posisi oklusi sentris. Salah satu karakteristik perkembangan ideal oklusi gigi sulung yang terpenting yaitu jika relasi molar keduanya dikategorikan flush terminal plane. Flush terminal plane merupakan relasi yang normal dari molar kedua sulung. Relasi tersebut berperan penting dalam memprediksi relasi molar permanen. Hal tersebut disebabkan karena erupsi molar pertama permanen bergantung pada permukaan distal molar kedua sulung rahang atas dan bawah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran relasi molar kedua sulung pada anak-anak usia prasekolah di empat TK Negeri Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain cross-sectional. Metode pengambilan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling yang melibatkan 37 subjek yang merupakan siswa/i dari TK Negeri Pembina 1, TK Negeri 2, TK Negeri 3, dan TK Negeri 4 Adidarma Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan saat gigi dalam posisi oklusi sentris dengan menggunakan cermin intraoral. Keputusan mengenai relasi molar kedua sulung dibuat berdasarkan oklusi bilateral (kiri dan kanan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak usia prasekolah memiliki relasi flush terminal plane sebanyak 45,9%, mesial step 54,1%, dan distal step 0,0%. Kesimpulan penelitian ini adalah relasi molar kedua sulung pada anak-anak usia prasekolah umumnya memiliki relasi mesial step. Kata kunci: Relasi molar kedua sulung, flush terminal plane, mesial step, distal step, prasekolah

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI MOTORIK HALUS DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK PERTIWI KECAMATAN LHOKNGA (NOVI INTAN MELANI, 2016)

PENGASUHAN ANAK TERHADAP ORANG TUA LANJUT USIA (RELASI ANAK DENGAN ORANG TUA DI GAMPONG BANDAR BARU, KECAMATAN KUTA ALAM, KOTA BANDA ACEH) (Rita Ananda, 2018)

GAMBARAN KARIES GIGI MOLAR PERTAMA PERMANEN PADA ANAK USIA 6-12 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 17 PEULANGGAHAN. (rahmat saputra, 2014)

DISTRIBUSI FREKUENSI KLIKING SENDI TEMPOROMANDIBULA PADA SISWA SD NEGERI 24 BANDA ACEH YANG KEHILANGAN DINI GIGI MOLAR SULUNG (Syawal Setiawan, 2015)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI GIZI LEBIH ANAK PRASEKOLAH DI TKIT AL AZHAR BANDA ACEH TAHUN 2013 (MEHRANI, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy