//

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DASAR ALJABAR BERBASIS WEB INTERAKTIF DENGAN MANIPULASI KARTU VIRTUAL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dina Febrina - Personal Name

Abstrak/Catatan

Aljabar merupakan salah satu materi dalam Matematika yang sulit dipahami oleh siswa. Hal ini dikarenakan siswa sulit merepresentasikan bentuk aljabar yang terdiri dari variabel, konstanta dan koefisien. Data yang diperoleh dari SMPN 2 Banda Aceh menunjukkan bahwa 70% dari 118 siswa/i tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada ujian harian untuk materi aljabar. Salah satu alternatif dalam membantu siswa mempelajari materi dasar aljabar adalah adanya aplikasi pembelajaran dasar aljabar berbasis web yang bersifat interaktif. Maka tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi pembelajaran interaktif berbasis web untuk materi dasar aljabar dan menganalisis penggunaan aplikasi tersebut menggunakan metode Webqual. Aplikasi ini dinamakan Kartu Virtual yang dikembangkan menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) dan diuji menggunakan black box testing. Materi pembelajaran pada aplikasi ini terdiri dari ekspresi aljabar, penjumlahan, substitusi, perkalian, persamaan pada bentuk aljabar dan pemfaktoran yang disajikan dalam bentuk video pembelajaran, contoh soal, latihan dan kuis. Aplikasi ini dapat diakses melalui tautan www.cs.unsyiah.ac.id/~dbrina/kartu_aljabar/View/users/. Kualitas aplikasi dianalisis menggunakan metode Webqual dengan 3 kategori (usability, information quality, service interaction). Sistem penilaian dilakukan dengan skala Likert 1-4 dimana rincian skala 1 adalah sangat tidak setuju, skala 2 adalah tidak setuju, skala 3 adalah setuju dan skala 4 adalah sangat setuju. Analisis ini dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada 54 siswa (besarnya sample berdasarkan rumus Slovin) yang telah mempelajari materi aljabar. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari jawaban responden untuk kategori usability adalah 3,248 dari skala 4. Sementara nilai rata-rata untuk kategori information quality dan service masing-masing adalah 3,228 dan 3,241. Nilai rata-rata keseluruhan yang diperoleh dari ketiga kategori tersebut adalah 3,239 sehingga disimpulkan bahwa responden merasa puas terhadap aplikasi Kartu Virtual sebagai media pembelajaran dasar aljabar. Kata kunci: Aljabar, RAD, Rumus Slovin, Webqual, skala Likert

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU PINTAR PADA MATERI BENTUK-BENTUK MOLEKUL DI MAN 1 BANDA ACEH (Revayanti, 2015)

MERANCANG MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASISRNKOMPUTER DENGAN MICROSOFT EXCEL PADA MATERIRNPENYETARAAN REAKSI KIMIA (Aja Ainon Mardhiah, 2015)

PENGEMBANGAN MEDIA KARTU DOMINO PADA MATERI KOLOID UNTUK SISWA KELAS XI MIA 2 (Mawaddah, 2017)

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) INTERAKTIF BERBASIS SOFTWARE ISPRING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA (HAYATUN NUFUS, 2018)

PEMBUATAN APLIKASI KARTU BILANGAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN VISUAL BASIC.NET (Dessy Sariyani, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy