//

REPRESENTASI CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN PEWANGI PAKAIAN DI TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIKA TERHADAP IKLAN SOFTENER SOKLIN TWILIGHT SENSATION DAN DOWNY INNOCENCE)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MAGHFIRAH FITRIAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi citra perempuan pada iklan Softener So Klin Twilight Sensation dan Downy Innocence di televisi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori yang relevan, yaitu teori semiotika Charles Sanders Pierce. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika Charles Sanders Pierce berupa teori segitiga makna; ikon, indeks dan simbol, yang mencoba memaparkan dan menjelaskan makna yang terkandung dalam iklan Softener So Klin Twilight Sensation dan Downy Innocence di televisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesamaan dalam kedua iklan tersebut ialah representasi perempuan yang sama-sama masih menggunakan stereotip yang berkisaran tentang identitas fisik dan gesture tubuh yang anggun dan feminim. Hal ini terlihat dari tanda-tanda ikon berupa tampilan fisik model, serta tanda indeks yang memperlihatkan bahwa perempuan-perempuan tersebut semakin percaya diri dengan penggunaan produk dan perubahan pada gaunnya setelah pemakaian produk. Perbedaannya ialah representasi perempuan dalam iklan Softener So Klin Twilight sensation lebih menonjolkan eksploitasi pada perempuan dibandingkan iklan Downy Innocence. Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian, maka dapat ditemukan bahwa citra perempuan yang terdapat dalam iklan Softener So Klin Twilight sensation ditelevisi tersebut termasuk ke dalam kategori citra pigura, citra peraduan dan citra pergaulan. Hal ini karena ditemukan bahwa perempuan digambarkan sebagai makhluk yang anggun dan menawan direpresentasikan melalui gerakan tubuh dan ekspresi wajah. Pada iklan Downy Innocence ditelevisi tersebut citra perempuan termasuk ke dalam kategori citra pigura dan citra pilar. Hal ini karena ditemukan bahwa kecantikan dan keelokan tubuh merupakan hal yang wajib dijaga oleh perempuan. Serta wanita selalu dikaitkan dengan kodratnya sebagai pilar pengurus rumah tangga, perempuan bertanggung jawab terhadap keindahan rumah, pengelolaan sumber daya rumah, mengurus suami dan anak. Kata kunci: Citra perempuan, iklan pewangi pakaian, semiotika Charles Sanders Pierce.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

REPRESENTASI CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIKA TERHADAP IKLAN TEMPO SCAN 60 TAHUN DI TELEVISI) (NIDA AZKIA, 2015)

REPRESENTASI EKSPLOITASI PEREMPUAN DALAM IKLAN NEW ERA VERSI BOOTS PADA MEDIA TELEVISI (Arif Hidayat, 2018)

REPRESENTASI KEBUDAYAAN INDONESIA PADA IKLAN TEH JAVANA-CITA RASA TEH INDONESIA DI TELEVISI (Yoelly Kurniati, 2018)

EKSPLOITASI TUBUH PEREMPUAN DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN TELEVISI GIV BEAUTY SOAP “TAMPIL MEMUKAU PENUH PESONA”) (Ayu Wulandari, 2017)

PEMAKNAAN PESAN IKLAN FEAR PADA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI TELEVISI (aslinda, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy