//

ANALISA AKSESIBILITAS RUTE TRANS KOETARADJA KOTA BANDA ACEH MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Novida Setiawan - Personal Name
Fakultas Fakultas mipa
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan menganalisa rute aksesibilitas Trans Koetaradja Kota Banda Aceh yang dilakukan dengan pendekatan Sistem Informasi Geografi (GIS). Menggunakan data rute dan lokasi halte Trans Koetaradja dari Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh, hasil analisa Trans Koetaradja menunjukkan terdapat 16 halte Trans Koetaradja di perkotaan Banda Aceh yang terlayani. Artinya, Trans Koetaradja hanya mengambil penumpang pada halte tersebut . Penelitian ini untuk menganalisa rute aksesibilitas Trans Koetaradja Kota Banda Aceh yang dilakukan dengan pendekatan Sistem Informasi Geografi (SIG). Parameter aksesibilitas diselidiki termasuk jarak. Penentuan nilai aksesibilitas dapat berdasarkan jarak dievaluasi. Hasil dari penelitian ini juga berguna bagi perencana kota dan para pengambil kebijakan dalam membangun halte trans koetaradja karena akan mempermudah masyarakat dalam menjangkau angkutan umum Trans Koetaradja. Hasil menunjukkan bahwa untuk aksesibilitas Trans Koetaradja terdapat 90 rute perjalanan yang memiliki aksesibilitas tinggi 8 rute, aksesibilitas menengah 9 rute, aksesibilitas rendah 33 rute dan 69 rute yang memiliki aksesibilitas sangat rendah. Aksesibilitas yang rendah dan sangat rendah ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu waktu tempuh yang lama dan jarak tempuh yang jauh. Untuk penelitian selanjutnya yang sejenis dengan penelitian ini, sebaiknya melakukan survey yang lebih spesifik tentang data-data yang yang dibutuhkan dalam perhitungan nilai aksesibilitas, seperti data fasilitas umum, waktu yang dibutuhkan, dan lain-lain guna memperoleh hasil analisis yang lebih akurat. Kata kunci : Aksesibilitas, Trans Koetaradja, Rute Perjalanan

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN PELAYANAN SARANA DAN PRASARANA BUS TRANS KOETARADJA DI KAWASAN KAMPUS DARUSSALAM (Teuku M Kautsar, 2017)

ANALISIS KEPENTINGAN DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS LAYANAN BUS TRANS KOETARADJA KORIDOR I KEUDAH - DARUSSALA (LIA FAJRI, 2018)

ANALISIS PERMINTAAN MASYARAKAT TERHADAPTRANSPORTASI UMUM DI KOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS TRANS KOETARADJA) (GUSTIKA DERI PRATIWI, 2016)

ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN TRANS KOETARADJA MENGGUNAKAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELLING (SEM) PADA KORIDOR III (PUSAT KOTA – MATA IE) (RAHMA DANI, 2018)

ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN TRANS KOETARADJA MENGGUNAKAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELLING PADA KORIDOR IV(PUSAT KOTA - AJUN - LHOKNGA) (TJUT RIZQI MAYSYARAH HADI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy