//

INTENSITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK PASCA PEMBERITAAN KEKERASAN SEKSUAL ANAK DI HARIAN SERAMBI INDONESIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Misnandani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Intensitas Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak Pasca Pemberitaan Kekerasan Seksual Anak di Harian Serambi Indonesia.” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pada intensitas komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak setelah pemberitaan kekerasan seksual anak di harian Serambi Indonesia edisi tanggal 1 hingga 8 Oktober 2015 dengan menggunakan teori kepanikan moral (moral panic) Stanley Cohen. Peneliti mengumpulkan data dengan cara melakukan wawancara mendalam pada sembilan ibu yang berdomisili di Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 8 dari 9 informan mengalami peningkatan pada intensitas komunikasi interpersonal yang terjadi antara orang tua dan anak pasca pemberitaan kekerasan seksual anak di Harian Serambi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan adanya pengakuan dari informan bahwa meningkatnya lima indikator dalam intensitas komunikasi yaitu frekuensi komunikasi, durasi komunikasi, perhatian yang diberikan, tingkat keluasan pesan dan tingkat kedalaman pesan. Akibat adanya pemberitaan kekerasan seksual anak di Harian Serambi Indonesia maka orang tua khususnya ibu mengaku meningkatkan proteksi terhadap anak agar tidak terjerumus ke dalam perilaku maupun kejahatan seksual yang tidak diinginkan. Kata kunci: Intensitas, Komunikasi Interpersonal, Pemberitaan, Kekerasan Seksual.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PRESS RELEASE HUMAS PEMERINTAH ACEH DALAM PEMBERITAAN HARIAN SERAMBI INDONESIA DAN HARIAN RAKYAT ACEH (Cut Meutia Dewi, 2015)

PENGARUH PEMBERITAAN PEMILIHAN PRESIDEN PADA RUBRIK SERAMBI ELECTION HARIAN SERAMBI INDONESIA TERHADAP PARTISIPASI POLITIK (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Ayu Haryati, 2016)

PENGARUH PEMBERITAAN HARIAN SERAMBI INDONESIA TENTANG KASUS SEKS BEBAS TERHADAP TINGKAT KECEMASAN ORANG TUA DI KOTA BANDA ACEH (nurhayati, 2013)

UPAYA PUSAT PELAYANAN TERPADU PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN ANAK (P2TP2A) DALAM MENANGANI TINDAKAN KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK DI KOTA BANDA ACEH (Almut Sirah, 2017)

PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANGTUA DAN ANAK TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (Fadli, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy