//

STRATEGI KOMUNIKASI MAJELIS PERMUSYAWARATAN ULAMA (MPU) DALAM MENANGGULANGI PENDANGKALAN AQIDAH DI KALANGAN REMAJA (STUDI KASUS DI GAMPONG PRADA KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUSLIM - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Dalam Menanggulangi Pendangkalan Aqidah Di Kalangan Remaja Gampong Prada”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan MPU selama ini dalam menangani dan menanggulangi kasus pendangkalan aqidah sesat di kalangan remaja Gampong Prada di wilayah Banda Aceh. Tujuan penelitian ini juga untuk mengetahui program kerja MPU dalam menanggulangi pendangkalan aqidah terhadap remaja, serta untuk mengetahui penyebab praktek pendangkalan aqidah terhadap remaja. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi persuasif model psikodinamis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui wawancara langsung dan penelitian dokumentasi atau kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan MPU Aceh dalam menanggulangi kasus pendangkalan aqidah terhadap remaja di Gampong Prada adalah dengan limacara, yaitu: pemberian karantina bagi pelaku ajaran sesat (Millata Abraham), pemberian sosialisasi pendidikan agama Islam kepada masyarakat, pengadaan training ajaran Islam dan pengetahuan pendangkalan aqidah bagi masyarakat, mengadakan publisitas di media di wilayah Aceh, dan melakukan hubungan baik dengan lembaga lain yang telah bekerjasama dengan MPU Aceh. Strategi ini sudah baik mengingat kasus pendangkalan aqidah Millata Abraham telah ditangani dengan serius baik oleh lembaga MPU maupun pengawasan pemerintah. Pelaku ajaran ini pun telah mendapat hukuman yang sesuai atas pelanggaran yang dilakukannya. Sedangkan bagi para pengikut ajaran ini juga telah kembali ke jalan yang lurus, dalam kaedah Islam yang sesungguhnya. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Pendangkalan Aqidah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERBEDAAN PERPSEPSI DAN HARAPAN MASYARAKAT TERHADAP FUNGSI KEPEMIMPINAN PADA MAJELIS PERMUSYAWARATAN ULAMA (MPU) DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN SYARIAT ISLAM DI KABUPATEN ACEH UTARA (RUSLAN, 2014)

HUBUNGAN KOMUNIKASI KELUARGA DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA DI KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH (FITRI ANI, 2018)

PERSEPSI ANGGOTA PIK R/M TERHADAP STRATEGI KOMUNIKASI BKKBN ACEH DALAM KAMPANYE ANTI SEKS BEBAS DI KALANGAN REMAJA KOTA BANDA ACEH (SYALMAILIA, 2015)

STRATEGI KOMUNIKASI BADAN NARKOTIKA KABUPATEN RNACEH TENGAH DALAM MENSOSIALISASIKAN BAHAYA RNNARKOBA KEPADA REMAJA (Hamdani, 2014)

PENGARUH PARTISIPASI MASYARAKAT, KAPASITAS APARATUR GAMPONG DAN PENGAWASAN BADAN PERMUSYAWARATAN GAMPONG TERHADAP KINERJA PENGELOLAAN ALOKASI DANA GAMPONG (STUDI PADA KECAMATAN GEUMPANG, MANE, DAN TANGSE KABUPATEN PIDIE) (Rizky Ananda Sari, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy