//

KONDISI SOSIAL EKONOMI DAN STRATEGI BURUH BANGUNAN BERTAHAN HIDUP DI DESA UJONG BAROH KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN, KABUPATEN ACEH BARAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang rachmad vitra - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Vitra, Rachmad. 2016. Kondisi Sosial Ekonomi Dan Strategi Buruh Bangunan Bertahan Hidup Di Desa Ujong Baroh Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Faridah Yahya, M. Pd., (2) Dr. Amiruddin, M. Si Kata Kunci: Pendapatan, buruh bangunan, sosial ekonomi, strategi bertahan hidup Penelitian yang berjudul “Kondisi Sosial Ekonomi dan Strategi Buruh Bangunan Bertahan Hidup di Desa Ujong Baroh Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat”. Penelitian ini bertujuan mengetahui keadaan Sosial Ekonomi buruh bangunan di Desa Ujong Baroh Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat dan cara buruh bangunan bertahan hidup ketika tidak mempunyai pekerjaan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang dan dipilih berdasarkan kriteria, buruh bangunan yang berdomisili di Gampong Ujong Baroh, telah menetap minimal lima tahun dan telah bekerja minimal tiga tahun. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penelitian kepustakaan, penelitian lapangan berupa, pembagian angket, wawancara dan observasi. Pemberian angket disertai pembacaaan soal dan jawaban yang tersedia oleh peneliti kepada para responden. Wawancara dilakukan dengan terstruktur berdasarkan pertanyaan yang telah ditetapkan oleh peneliti sebelumnya. Agar data hasil penelitian terpercaya, peneliti melakukan dokumentasi berupa pengambilan foto dilokasi penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kebanyakan buruh bangunan berumur antara 30-39 tahun, berpendapatan antara Rp. 1.500.000 - Rp. 2.400.000 perbulan, pengeluaran perbulan berkisar Rp. 1.500.000 - Rp. 2.400.000, kebanyakan hanya menyelesaikan pendidikan Sd/sederajat, jarang menderita sakit, tempat pengobatan yang sering dikunjungi adalah klinik, kebanyakan memiliki 1-3 orang anak, kebanyakan telah bekerja selama 11-15 tahun dan rumah yang ditempati kebanyakan berstatus milik sendiri dengan jenis bangunan permanen. Kebanyakan buruh bangunan tidak menerapkan strategi aktif dalam bertahan hidup, strategi pasif yang di terapkan adalah dengan menghemat listrik dan air serta pengeluaran belanja untuk keperluan sehari - hari, dan strategi jaringan yang di gunakan adalah menghubungi kerabat saat kesulitan ekonomi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINGKAT PELAKSANAAN FUNGSI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) UJONG BAROH KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT (Cici Dianita, 2017)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PEMERINTAHAN DESA DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT (NOVI ZULFIATI, 2016)

SOSIALISASI IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT (Feby Syafitri, 2017)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KINERJA APARATUR DESA DALAM PENYELENGGARAAN PEMBANGUNAN DI DESA SUAK RIBEE KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN (Siti Kurniati, 2017)

RUMAH SAKIT UMUM JOHAN PAHLAWAN MEULABOH (Yuliana Rachim, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy