//

WANITA DALAM MASYARAKAT PETANI: PERAN GANDA SEBAGAI IBU RUMAH TANGGA DAN PENCARI NAFKAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ponijah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Peran wanita sekarang ini telah bergeser dari sekedar ibu rumah tangga menjadi pencari nafkah. Wanita bekerja untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga yang semakin hari semakin meningkat. Mereka bekerja dari pagi hingga sore hari sebagai petani sehingga keadaan tersebut membuat mereka memiliki peran kerja ganda yaitu sebagai ibu rumah tangga dan pencari nafkah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi peran wanita dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarga dan juga kewajiban wanita dalam keluarga. Penelitian ini menggunakan teori tindakan sosial dari Max Weber. Menurut Weber, suatu tindakan ialah perilaku manusia yang mempunyai makna subjektif bagi pelakunya. Tidak semua tindakan manusia dapat dianggap sebagai tindakan sosial. Suatu tindakan hanya dapat disebut sebagai tindakan sosial apabila tindakan tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan perilaku orang lain. Metode penelitian yang digunakan yaitu gabungan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang dipakai yaitu teknik total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dua cara yaitu data primer yang didapatkan dari observasi dan angket serta data sekunder yang didapatkan dari Badan Pusat Statistik dan arsip data Desa Buter. Hasil penelitian menemukan bahwa kontribusi peran wanita sangat besar bagi perekonomian keluarga, hal ini dapat dilihat dari tingkat pendapatan wanita yang bisa membantu memenuhi kebutuhan sandang, pangan, dan papan sehari-hari. Selain itu, pemenuhan kebutuhan pendidikan untuk anak-anak juga sangat terbantu oleh kontribusi pendapatan wanita. Pengaruh peran ganda wanita yang bekerja terhadap tugas pokok wanita dalam keluarga tidak memiliki pengaruh yang besar, karena para wanita yang bekerja tetap bisa membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga walaupun intensitas waktu untuk keluarga tidak tinggi, tetapi mereka tetap lebih mengutamakan keluarga dibandingkan dengan pekerjaan. Kata Kunci: Peran Ganda, Wanita, Petani

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA STATUS PEREMPUAN KEPALA KELUARGA DENGAN KEMISKINAN DI KECAMATAN SUKAMAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR (Rizki Astina, 2014)

ANALISIS KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA BERDASARKAN PROPORSI PENGELUARAN PANGAN DAN KONSUMSI ENERGI (STUDI KASUS PADA RUMAH TANGGA PETANI PESERTA PROGRAM DESA MANDIRI PANGAN DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR) (KEUMALA FADHIELA, 2015)

PEREMPUAN PENCARI BATU HIAS DI GAMPONG ALUE TRINGGADENG KECAMATAN LEMBAH SABIL ACEH BARAT DAYA (Eka Rulisa, 2016)

WANITA DALAM USAHA KERAJINAN KERAWANG GAYO DI KABUPATEN ACEH TENGAH (1985-2013) (Desi Arae, 2014)

PERAN WANITA PEDAGANG DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN RUMAH TANGGARN(SUATU PENELITIAN PADA WANITA PEDAGANG KAKI LIMA RNDI PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH) (Muhammad Rizal, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy