//

EFEK KOMUNIKASI VERBAL YANG DILAKUKAN PEMERINTAH KOTA BANDA ACEH DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM LARANGAN MEROKOK DI TEMPAT UMUM KEPADA MASYARAKAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Deny Wahyudi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul efek komunikasi verbal yang dilakukan Pemerintah Kota Banda Aceh dalam mensosialisasikan program larangan merokok di tempat umum kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek komunikasi verbal yang dilakukan Pemerintah Kota Banda Aceh dalam mensosialisasikan program larangan merokok di tempat umum. Penelitian ini menggunakan teori S-O-R (Stimulus-Organism-Response) dan menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 67 responden yang terpilih dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, regresi sederhana dan uji korelasi dengan bantuan piranti lunak SPSS versi 20.0. Hasil dari uji koefisien korelasi diperoleh hasil (r=0,673). Berdasarkan pedoman skala Guilford bahwa nilai r=0,673 berada pada skala 0,40-0,70 dengan menunjukkan pengaruh yang cukup berarti antara komunikasi verbal Pemerintah Kota Banda Aceh dalam menerapkan program larangan merokok di tempat umum. Hasil pengujian hipotesis didapat nilai thitung sebesar 7,340, dan nilai ttabel pada α= 0,05 pada uji 1 sisi adalah 1,996. Berdasarkan kriteria uji hipotesis yaitu thitung> ttabel maka Ha diterima, maka dapat dinyatakan bahwa variabel komunikasi verbal pemerintah Kota Banda Aceh dalam mensosialisasikan program larangan merokok memiliki efek yang positif dan signifikan terhadap perubahan perilaku masyarakat dalam merokok di tempat umum, sehingga dapat dinyatakan hipotesis diterima. Kata Kunci: Efek, Komunikasi Verbal

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF DINAS KESEHATAN KOTA BANDA ACEH DALAM MENINGKATKAN KESADARAN REMAJA TENTANG BAHAYA MEROKOK (Yuyun Rasulindra, 2017)

PERANAN DINAS PERHUBUNGAN PEMERINTAH KOTA BANDA ACEH MELALUI PROGRAM CAR FREE DAY DALAM MENSOSIALISASIKAN KESADARAN LINGKUNGAN KEPADA MASYARAKAT BANDA ACEH (SYAHRYANDA, 2016)

STRATEGI KOMUNIKASI DISHUBKOMINFO KOTA BANDA ACEH DALAM MENSOSIALISASIKAN RETRIBUSI PELAYANAN PARKIRRNDI TEPI JALAN UMUM KOTA BANDA ACEH (NURFITRIYANA, 2014)

PENERAPAN SANKSI ADMINISTRATIF TERHADAP PIMPINAN ATAU PENANGGUNGJAWAB KAWASAN TANPA ROKOK PADA RUMAH SAKIT KOTA LANGSA (Reza Eko Saputra, 2016)

ANALISIS BAHASA DAN PERILAKU KOMUNIKASI ANTARBUDAYA ANTARA WISATAWAN MANCANEGARA DENGAN MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH (Mustawazir, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy