//

KOMUNIKASI INTERPERSONAL KAUM WARIA DI KOTA BANDA ACEH (STUDI TERHADAP KAUM WARIA DENGAN MASYARAKAT DI GAMPONG LAKSANA KECAMATAN KUTA ALAM, KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rovia Fadilla - Personal Name
Fakultas Fakultas FISIPOL
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul komunikasi interpersonal kaum waria di Kota Banda Aceh (studi terhadap kaum waria dengan masyarakat di Gampong Laksana Kota Banda Aceh). Tujuan dari penelitian ini mengetahui komunikasi interpersonal yang terjadi antara waria dengan masyarakat sekitar tempat tinggalnya, mengetahui faktor yang menjadi penghambat kaum waria dalam berkomunikasi dengan masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya serta mengetahui upaya yang dilakukan oleh kaum waria untuk mengatasi hambatan dalam berkomunikasi dengan masyarakat di sekitar tempat tinggalnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini teori kovergensi simbolik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi terhadap informan penelitian. Wawancara dilakukan terhadap 10 informan yang masing-masing terdiri dari 5 orang informan kaum waria dan 5 informan dari masyarakat Gampong Laksana. Informan ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dengan menetapkan sejumlah kriteria yang sesuai dengan penelitian. Dari penelitian diperoleh hasil bahwa Komunikasi interpersonal kaum waria dengan masyarakat Gampong Laksana tidak berjalan efektif dimana ada beberapa aspek seperti keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif dan kesamaan tidak berjalan lancar dalam sebuah hubungan komunikasi. Selain itu ada beberapa f aktor yang menjadi penghambat kaum waria dalam berkomunikasi dengan masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya yaitu gangguan mekanik dan semantik, adanya kepentingan, motivasi terpendam dan prasangka. Upaya yang dilakukan kaum waria untuk mengatasi hambatan dalam berkomunikasi dengan masyarakat di sekitar tempat tinggalnya yaitu mengikuti kegiatan rutin masyarakat sekitar, bersikap ramah dengan masyarakat lingkungan sekitar dan patuh pada tata krama dan aturan yang ditetapkan masyarakat. Kata kunci : komunikasi interpersonal, kaum waria, masyarakat

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KOMUNIKASI INTERPERSONAL ETNIS ACEH DENGAN ETNIS TIONGHOA (STUDI TERHADAP STEREOTIP PADA MASYARAKAT GAMPONG LAKSANA KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH) (FERRY GELLUNY PUTRA, 2016)

PERSEPSI KAUM IBU TERHADAP PROGRAM KELUARGA BERENCANA DAN KESEHATAN REPRODUKSI (STUDI TERHADAP KAUM IBU GAMPONG BILUY KECAMATAN DARUL KAMAL KABUPATEN ACEH BESAR) (Ridha Rohaza, 2017)

AKULTURASI DALAM TRADISI MEUGANG (STUDI DESKRIPTIF PADA MASYARAKAT GAMPONG JAWA KECAMATAN KUTA RAJA BANDA ACEH) (Astari Mulyana Putri, 2018)

KAJIAN AKSESIBILITAS KAUM DIFABEL PADA GEDUNG PASAR ACEH (Irfan, 2017)

MODEL KOMUNIKASI INTERPERSONAL MASYARAKAT BANDA ACEH DI WARUNG KOPI (STUDI PADA WARUNG KOPI SOLONG MINI LAMPINEUNG KOTA BANDA ACEH) (FACHRUL ACHYAR, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy