//

STRATEGI BERTAHAN HIDUP (LIFE SURVIVAL) PETANI GARAM DI DESA TANOH ANOE KECAMATAN JANGKA KABUPATEN BIREUEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M RAUZAN SABARA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Abstrak - Kemiskinan dalam kehidupan manusia pada belahan dunia manapun senantiasa tidak terlepas dari kebutuhan hidup dan strategi bertahan hidup, baik masyarakat perkotaan maupun masyarakat yang tinggal dipedesaan. Strategi kelangsungan hidup bagi masyarakat miskin dapat diartikan dalam kemampuan menghadapi permasalahan. Kemampuan menghadapi permasalahan tersebut dapat dilihat bahwa upaya yang dilakukan untuk mempertahankan hidup dari himpitan ekonomi maupun non ekonomi. Desa Tanoh Anoe merupakan salah satu desa di Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen yang memiliki tingkat kemiskinan yang masih tinggi, dengan pekerjaan rata-rata sebagai petani garam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan petani garam dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi petani garam dalam memilih strategi bertahan hidup, yang dipengaruhi berdasarkan karakteristik petani garam di Desa Tanoh Anoe Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan analisis kualitatif yang di tunjang dengan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini melandasi upaya yang dilakukan petani garam dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya, serta menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang berasosiasi dalam pengambilan keputusan terhadap pemilihan strategi bertahan hidup dengan dilandasi oleh karakteristik masing-masing petani garam. Kata kunci : Kemiskinan, strategi bertahan hidup, dan petani garam

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PRARANCANGAN PABRIK NATRIUM HIDROKSIDA DARI NATRIUM KLORIDA MENGGUNAKAN ELEKTROLISIS SEL DIAFRAGMA DENGAN KAPASITAS PRODUKSI 40.000 TON/TAHUN (NURUL ATIKA KHAIR, 2018)

PRARANCANGAN PABRIK NATRIUM HIDROKSIDA DARI NATRIUM KLORIDA MENGGUNAKAN ELEKTROLISIS SEL DIAFRAGMA DENGAN KAPASITAS PRODUKSI 40.000 TON/TAHUN (Cut Faradillasari, 2018)

STRATEGI BERTAHAN HIDUP RUMAH TANGGA PETANI MISKIN DI KECAMATAN PIDIE KABUPATEN PIDIE (MUHAMMAS RIZA MUNAZIR, 2016)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI GARAM DI KABUPATEN BIREUEN (Odi Setiawan, 2014)

ANALISIS PENDAPATAN PETANI DAN MARGIN PEMASARAN GARAM DI DESA TANOH ANOE KECAMATAN JANGKA KABUPATEN BIREUEN (Safril, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy